Artikel akuntansi kas kecil ini akan membahas materi akuntansi kas kecil mulai dari pengertian kas kecil, metode kas kecil, pengelolaan kas kecil, prosedur kas kecil dan cara menghitung kas kecil / cara pencatatan kas kecil.

Akuntansi Kas Kecil

pengertian kas kecil menurut akuntansi

pengertian kas kecil secara umum – Akan sangat tidak ekonomis jika perusahaan harus menuliskan cek yang tersendiri untuk membayar biaya taksi seorang eksekutif, sekotak pensil yang dibutuhkan segera, atau pengiriman sebuah pesan khusus ke luar kota. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan akan menyimpan sejumlah kecil uang kas ditangan untuk membayar biaya-biaya yang berjumlah kecil tersebut. Dana ini disebut sebagai kas kecil.

pengendalian kas kecil

Walaupun jumlah pengeluaran masing-masing yang dibayarkan dengan dana kas kecil hanya kecil saja, namun pengeluaran itu sangat sering terjadi sehingga jumlah totalnya selama satu periode akuntansi akan bertambah cukup besar. Jadi perusahaan harus membuat suatu pengendalian atas kas kecil. Bagaimana prosedur pengendalian kas kecil yang baik dan benar ?

Sistem pengendalian kas kecil adalah sebagai berikut :

(1) menugaskan seorang pegawai untuk mengatur dana tersebut sebagai penjaga kas kecil,

(2) mempertahankan sejumlah uang kas tertentu yang harus ada di tangan,

(3) mendukung semua pengeluaran dana dengan suatu tiket kas kecil (tanda bukti), dan

(4) menambah kembali dana tersebut melalui prosedur pengeluaran kas yang biasa.

prosedur pembentukan dana kas kecil

Untuk membuka dana kas kecil, suatu pembayaran harus disetujui untuk sejumlah uang yang telah ditetapkan sebelumnya dan harus dibuat sebuah cek sejumlah uang tersebut untuk tujuan Kas Kecil. Misalkan pada tanggal 28 Februari perusahaan memutuskan untuk membuka dana kas kecil sebesar Rp. 200.000. Penjaga kas kecil akan menguangkan cek tersebut dan menyimpannya di dalam kotak uang kas, kotak penyimpan/fase, atau yang lainnya. Penjaga kas kecil diberi tugas mempertanggungjawabkan pengendalian dana tersebut. Memulai dana kas kecil akan dicatat sebagai berikut :

Feb.  28      Kas Kecil …………………….200.000

                         Kas di bank …………………………200.000

                   Untuk membuka dana kas kecil.

Pengeluaran akan mengurangi jumlah uang kas dari dana tersebut, sehingga dana tersebut harus digantikan secara periodic. Misalkan pada tanggal 30 Maret dana tersebut terdiri dari uang kas sebesar Rp. 118.000 dan tiket sejumlah Rp. 82.000. Sebuah cek sebesar Rp. 82.000 akan dikeluarkan, untuk diberikan kepada Kas Kecil. Penjaga dana tersebut akan menguangkannya menjadi uang kertas dan koin dan akan menyimpan uang tersebut ke dalam dana untuk mengembalikan uang kasnya menjadi Rp. 200.000 seperti semula. Tiket-tiket kas kecil menunjukkan daftar hitung apa yang harus didebit : Perlengkapan kantor sebesar Rp. 23.000, Beban Pengiriman sebesar Rp. 17.000, dan Beban Penjualan Lain-lain sebesar Rp. 42.000. Ayat jurnal untuk mencatat penggantian dana tersebut adalah :

Mar.  31    Perlengkapan Kantor …………………23.000

                   Beban Pengiriman ……………………..17.000

                   Beban Penjualan Lain-lain………….42.000

                               Kas di Bank ………………………….82.000

                   Untuk menggantikan dana kas kecil.

pencatatan kas kecil

Jika pembayaran kas ini melebihi/lebih besar dari jumlah yang tertera pada tiket yaitu jika jumlah dananya kurang, maka Kekurangan dan Kelebihan Uang Kas harus didebit sebesar jumlah yang hilang. Jika jumlah dari tiket-tiket kas kecil lebih besar dari pembayaran yang dilakukan, maka kekurangan dan kelebihan uang kas dikredit. Perhatikanlah bahwa penggantian dana tersebut tidak akan mempengaruhi daftar hitung Kas Kecil. Kas Kecil akan tetap mempunyai nilai sisa sebesar Rp. 200.000 sepanjang waktu.

Pada saat kas kecil makin berkurang, dana tersebut harus digantikan. Dan harus digantikan kembali pada setiap tanggal neraca. Kalau tidak, nilai sisa kas kecil yang dilaporkan akan kelebihan sebesar nilai yang tertera pada tiket. Laporan rugi laba akan mencatat beban yang lebih kecil sebesar jumlah yang tertera pada tiket.

Kas Kecil hanya didebit pada saat awal dibukanya dana tersebut. (lihat ayat jurnal pada tanggal 28 Februari) atau pada saat mengubah jumlah tersebut. Sebagai gambaran, misalkan perusahaan memutuskan untuk menambah jumlah dana dari Rp. 200.000 menjadi Rp. 250.000 karena adanya kebutuhan akan kas kecil yang makin besar. Langkah ini akan mendebit Kas Kecil sebesar Rp. 50.000.

Semoga materi pencatatan kas kecil bisa membantu kamu dalam memahami apa itu kas kecil dan bagaimana sistem pencatatan kas kecil tersebut.

Lihat juga materi soal akuntansi kas kecil dan jawabannya & cara membuat rekonsiliasi bank :)