Materi akuntansi saham treasury ini akan menjelaskan metode saham treasury dan contoh jurnal saham treasuri seperti jurnal pembelian saham treasuri & jurnal penjualan saham treasuri.

Akuntansi Saham Treasury

Akuntansi untuk saham treasury atau biasa disebut dengan Accounting for Treasury Stock pada umumnya menggunakan 2 metode yaitu metode nilai pari dan metode biaya.

  • Metode nilai pari (atau statuter) adalah metode di mana pembelian saham treasuri dipandang sebagai penghentian peredaran saham secara efektif atau konstruktif.
  • Metode biaya atau harga perolehan (cost method) adalah metode di mana pembelian saham treasuri dianggap menimbulkan elemen modal yang tujuan akhirnya masih akan ditentukan.

Pada kesempatan kali ini kita akan lebih membahas mengenai akuntansi saham treasury metode biaya. Aturan secara umum mengenai saham treasury metode cost adalah sebagai berikut :

  • Jika saham treasuri dijual, maka selisih antara harga perolehan dengan harga penjualan dilaporkan sebagai penambahan atau pengurangan ekuitas pemegang saham
  • Harga perolehan ditentukan menurut harga pasar saham yang berlaku dan tidak dihubungkan dengan harga penerbitan awal saham.
  • Pembelian saham treasuri dicatat dengan cara mendebit saham treasury dan mengkredit kas.
  • Jika saham treasuri akan disimpan selamanya, maka saldo debet dalam perkiraan saham treasuri dieliminasi dengan mengalokasikan jumlah yang setara pada perkiraan modal saham, atau tambahan modal setoran atau laba yang ditahan
  • Saldo saham treasuri dilaporkan dalam neraca sebagai pengurangan terhadap total ekuitas pemegang saham.

Jurnal Saham Treasury

Berikut ini adalah contoh soal dan jawaban saham treasury mengenai jurnal saham treasury dengan menggunakan metode biaya.

Perseroan yang baru didirikan menerbitkan 10.000 lembar saham biasa, nilai pari Rp 100 dengan harga jual Rp 150 per lembar saham. Maka jurnalnya adalah sebagai berikut :

jurnal saham treasury

Laba bersih untuk operasi tahun pertama sebesar Rp 300.000. Jurnalnya adalah :

contoh soal saham treasury stock

Dibeli 1.000 lembar saham biasa sendiri dengan harga Rp 160. Jurnal pembelian saham treasury adalah sebagai beriktu :

contoh soal saham treasuri

Maka neraca setelah perolehan saham treasuri adalah sebagai berikut:

saldo normal saham treasuri

Dijual 200 lembar saham treasuri seharga Rp 200 per lembar. Jurnal penjualan saham treasury adalah sebagai berikut :

akuntansi untuk saham treasuri

Dijual 500 lembar saham treasuri dengan harga Rp 140 per lembar. Jurnal penjualan saham treasury nya adalah :

jurnal penjualan saham treasuri

Dihentikan peredaran 300 lembar saham treasuri untuk selamanya. Maka jurnalnya adalah :

contoh jurnal saham treasuri

Nah itulah penjelasan singkat mengenai akuntansi saham treasury beserta jurnal-jurnalnya. Semoga bisa dimengerti ! Baca juga pengertian saham treasury & jurnal penjualan saham secara tunai :)