Apa yang dimaksud dengan sewa guna usaha ? Apa perbedaan financial lease dengan operating lease ? Apa kriteria finance leasing / kriteria penentuan finance lease ?

Akuntansi Sewa Guna Usaha (Leasing)

Akuntansi sewa menyewa (leasing) merupakan hal dasar yang wajib diketahui semua akuntan.

Pengertian Sewa Guna Usaha Leasing

Pengertian sewa guna usaha menurut para ahli :
Sewa adalah suatu perjanjian dimana lessor memberikan hak kepada lessee untuk menggunakan suatu aset selama periode waktu yang disepakati. Sebagai imbalannya, lessee melakukan pembayaran atau serangkaian pembayaran kepada lessor.

Jenis Sewa Guna Usaha

Finance Lease
Sewa pembiayaan (finance lease) adalah sewa yang mengalihkan secara substansial seluruh risiko dan manfaat yang terkait dengan kepemilikan suatu aset. Hak milik pada akhirnya dapat dialihkan, dapat juga tidak dialihkan.

Operating Lease
Sewa operasi (operating lease) adalah sewa selain sewa pembiayaan.

Perbedaan Financial Leasing dan Operating Leasing

Suatu sewan guna usaha diklasifikasikan sebagai sewa pembiayaan (financial leasing) jika sewa tersebut mengalihkan secara substansial seluruh resiko dan manfaat yang terkait dengan kepemilikan asset.

Suatu sewa diklasifikasikan sebagai sewa operasi (operating leasing) jika sewa tersebut tidak mengalihkan secara substansial seluruh risiko dan manfaat yang terkait dengan kepemilikan asset.

Kriteria Financial Lease

Ciri-ciri / Karakteristik financial lease adalah sebagai berikut:

  • Aset sewaan bersifat khusus dan dimana hanya lessee yang dapat menggunakannya tanpa perlu modifikasi secara material.
  • Sewa mengalihkan kepemilikan asset kepada lessee pada akhir masa sewa.
  • Masa sewa adalah untuk sebagian besar umur ekonomis asset meskipun hak milik tidak dialihkan.
  • Lessee mempunyai opsi untuk membeli asset pada harga yang cukup rendah dibandingkan nilai wajar pada tanggal opsi mulai dapat dilaksanakan, sehingga pada awal sewa dapat dipastikan bahwa opsi memang akan dilaksanakan.
  • Pada awal sewa, nilai kini dari jumlah pembayaran sewa minimum secara substansial mendekati nilai wajar hasil sewaan.

Perlakuan Akuntansi Sewa Guna Usaha

Sewa Dalam Laporan Keuangan Lessee ( Pengakuan Awal ) :

Pada masa awal sewa, lessee mengakui sewa pembiayaan sebagai asset dan kewajiban dalam neraca sebesar nilai wajar asset sewaan atau sebesar nilai kini dari pembayaran sewa minimum, jika nilai kini lebih rendah dari nilai wajar. Penilaian ditentukan pada awal kontrak. Tingkat diskonto yang digunakan dalam perhitungan nilai kini dari pembayaran sewa minimum adalah tingkat suku bunga implisit dalam sewa, jika dapat ditentukan secara praktis; jika tidak, digubakan tingkat suku bunga pinjaman incremental lessee. Biaya langsung awal yang dikeluarkan lessee ditambahkan kedalam jumlah yang diakui sebagai asset.

Nah semoga kalian paham mengenai materi akuntasi sewa guna usaha (leasing) ini ya sobat !