Materi ekonomi makro kali ini akan menjelaskan arus melingkar penghasilan dan pengeluaran dalam perekonomian, pengertian arus melingkar kegiatan ekonomi dan diagram aliran melingkar perekonomian empat sektor.

Arus Melingkar Kegiatan Ekonomi

Para pelaku ekonomi melakukan interaksi atau kegiatan jual beli di pasar barang dan jasa, pasar uang dan pasar tenaga kerja. Kegiatan mereka dapat digambarkan dalam diagram yang disebut sebagai arus melingkar (circular flow).

arus melingkar kegiatan ekonomi

diagram arus melingkar ekonomi

Dari diagram arus melingkar penghasilan dan pengeluaran dalam perekonomian di atas tampak bahwa rumah tangga melakukan pembayaran barang dan jasa yang dikonsumsi kepada perusahaan domestik. Namun tidak semua uang yang dimiliki rumah tangga dipergunakan untuk konsumsi, sebagian disimpan di lembaga keuangan seperti bank dan lembaga keuangan non bank.

Lembaga keuangan kemudian meminjamkan uang tersebut kepada pihak ketiga untuk berinvestasi. Tindakan investasi yang meliputi pembuatan rumah, persediaan bisnis, pembuatan pabrik, pembelian alat dan lain-lain menyebabkan uang yang tadinya tersimpan di lembaga keuangan masuk lagi ke perekonomian dan diterima oleh pengusaha. Oleh pengusaha, uang tersebut diberikan kepada rumah tangga sebagai pembayaran faktor produksi. Tidak semua pembayaran tersebut diterima oleh rumah tangga, karena sebagian masuk ke pemrintah dalam bentuk pajak. Pemerintah kemudian mempergunakan uang pajak tersebut untuk pembayaran barang dan jasa, yang berarti masuk lagi ke pengusaha domestik.

Dalam hubungannya dengan luar negeri, rumah tangga tidak hanya membeli barang dan jasa dari dalam negeri tetapi juga mengkonsumsi komoditi dari luar negeri (komoditi impor). Pembayaran barang dan jasa impor diterima oleh pengusaha luar negeri. Sebaliknya bila pengusaha dalam negeri menjual komoditi ke luar negeri, maka uang akan masuk dari luar negeri ke pengusaha domestik.

Arus melingkar perekonomian 4 sektor ini adalah hal yang paling dasar dalam ekonomi makro. Dengan memahami model aliran melingkar kegiatan ekonomi ini, kamu akan lebih mudah mengetahui sistem perekonomian sebuah negara.

Semoga penjelasan arus melingkar kegiatan ekonomi ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua.