Apa saja asumsi dasar akuntansi keuangan ? Apa asumsi dalam akuntansi ? Apa asumsi dasar laporan keuangan dan contohnya ?

Asumsi Dasar Akuntansi Menurut PSAK

Apa yang dimaksud asumsi dasar dalam akuntansi ? Asumsi dasar adalah acuan atau ketetapan yang menjadi landasan dalam membuat laporan keuangan. 4 asumsi dasar yang melandasi struktur akuntansi keuangan / asumsi dasar akuntansi menurut sak adalah sebagai berikut :

  • Periodicity assumption. Pengertian periodicity assumption yaitu dalam membuat laporan keuangan cara paling akurat untuk mengukur hasil dari aktivitas perusahaan adalah saat perusahaan dilikuidasi, tapi perusahaan atau pihak lain yang berkepentingan tidak dapat menunggu sampai saat itu tiba sehingga informasi keuangan perusahaan harus diterbitkan setiap periode. Artinya bahwa aktivitas-aktivitas ekonomi perusahaan dapat dibagi menjadi periode-periode waktu buatan.
  • Economic Entity assumption. Pengertian economic entity menetapkan bahwa aktivitas ekonomi dapat dianggap sebagai suatu unit pertanggung jawaban tersendiri, sehingga terpisah dari pemiliknya.
  • Monetery Unit assumption. Pengertian monetery unit adalah : suatu aktivitas ekonomi haruslah dinyatakan dalam unit moneter  karena dianggap paling stabil dan dapat memberikan dasar yang tepat untuk penilaian dan analisa akuntansi.
  • Going Concern assumption. Pengertian going concern menetapkan bahwa metode akuntansi harus didasari pada asumsi bahwa perusahaan akan berumur panjang meskipun para akuntan tidak berpikir bahwa suatu perusahaan akan bertahan selamanya, tetapi berharap perusahaan akan bertahan cukup lama untuk mencapai tujuan-tujuannya. Implikasinya bahwa asset akan dicatat berdasar prinsip biaya historis atau biaya perolehan kecuali akhirnya akan dilikuidasi maka asset dinyatakan pada nilai bersih yang dapat direalisasi.

Nah itulah 4 asumsi dasar akuntansi menurut PSAK. Lihat juga Elemen Laporan Keuangan Menurut PSAK :)