Ayat jurnal penyesuaian beban dibayar dimuka kurang lebih sama dengan :

  • ayat jurnal penyesuaian sewa dibayar dimuka
  • ayat jurnal penyesuaian asuransi dibayar dimuka
  • ayat jurnal penyesuaian biaya dibayar dimuka

Beban dibayar dimuka merupakan aktiva yang secara khusus akan habis atau digunakan di masa depan. Contoh asuransi dibayar dimuka (Prepaid Insurance) dan sewa dibayar dimuka (Prepaid Rent). Disebut beban dibayar dimuka, karena aktiva ini mencerminkian beban yang dibayarkan terlebih dahulu. Ada beberapa beban yang tidak masuk dalam kategori ini, contohnya dalah beban gaji, karena beban gaji jarang sekali dibayarkan dimuka.

Para pemilik tanah, apartemen, gedung kantor dll, biasanya di bayar dimuka pembayaran dimuka ini akan menjadi aktiva bagi penyewa karena si penyewa telah membeli manfaat barang yang disewanya untuk kegunaan dimasa yang akan datang.

Misalkan Nicholas pada tanggal 1 Juni 2015 membayar sewa kantor selama tiga bulan dengan tarif Rp. 1.000.000 per bulan. Ayat jurnal untuk mencatat pembayaran sewa selama tiga bulan tersebut adalah debit pada akun aktiva sewa dibayar dimuka dan kredit pada akun aktiva kas.

June 1.    Prepaid Rent (Rp. 1.000.000 x 3)               3.000.000

                                                          Cash                                      3.000.000

Setelah pemindah bukukan, maka sewa dibayar dimuka akan terlihat sebagai berikut:

Prepaid Rent
June 1.         3.000.000

Karena itu diperlukan ayat jurnal untuk memindahkan nilai sewa dibayar dimuka sebesar Rp.1.000.000 ke dalam akun kolom sewa. Jurnal yang dibuat adalah dengan melakukan debit pada akun beban sewa (Rent expense) dan melakukan pada akun sewa dibayar di muka (Prepaid Rent) sebesar Rp. 1.000.000

June 30     Rent Expense (3.000.000 x 1/3)   1.000.000

                                     Prepaid Rent                                             1.000.000

(Pembayaran sewa dimuka selama tiga bulan)

Setelah pemindahan, akun sewa dibayar dimuka dan akun beban sewa akan terlihat sebagai berikut :

ayat jurnal penyesuaian beban dibayar dimuka

Dari jumlah sebesar Rp. 3.000.000 atau dua per tiga (2/3) merupakan aktiva, sedangkan sepertiga sudah merupakan beban. Pencatatan seperti inilah yang mencerminkan nilai aktiva dan beban yang sebenarnya.

Pencatatan ini mencerminkan adanya prinsip penandingan (matching principle). Analisa yang sama juga dapat diterapkan pada pembayaran premi asuransi tiga bulanan. Yang berbeda hanyalah nama akun, yaitu asuransi dibayar dimuka (prepaid insurance) dan beban Asuransi (insurance expense).

Nah semoga kamu paham mengenai konsep dan pencatatan ayat jurnal penyesuaian beban dibayar dimuka ya teman :)

Lihat juga prinsip pendapatan akuntansi & pengertian periode akuntansi