Apa perbedaan laporan laba rugi single step dan multiple step ? Bentuk laporan laba rugi single step dan bentuk laporan laba rugi multi step itu seperti apa sih ? Bagaimana bentuk laporan laba rugi perusahaan dagang ?

Bentuk Laporan Laba Rugi Single Step dan Multiple Step

Bentuk laporan laba rugi menurut PSAK dari kategori operasi berkelanjutan disajikan baik dalam bentuk langsung (single step) maupun bertahap (multiple step). Dalam bentuk laporan laba rugi single step, semua pendapatan dan keuntungan yang termasuk unsur operasi ditempatkan bagian awal laporan laba-rugi, kemudian diikuti denganvseluruh beban dan kerugian yang termasuk kategori operasi. Selisih antara total pendapatan dan keuntungan dan total beban dan kerugian menghasilkan laba operasi. Apabila tidak terdapat pos tidak biasa (irregular) dan pos luar biasa (extraordinary item) maka nilai ini sama dengan laba (rugi) bersih.

Laporan Laba Rugi Single Step

Bentuk Single Step Income Statement - bentuk laporan laba rugi single step

Bentuk Laporan Laba Rugi Single Step

Bentuk laporan laba rugi single step digunakan secara luas dalam pelaporan keuangan, meskipun dalam tahun-tahun terkhir bentuk bertahap (multiple step) mulai semakin populer. Keuntungan utama dari format laporan laba rugi single step terletak pada kesederhanaan penyajian dan tidak adanya implikasi bahwa satu jenis pos pendapatan atau beban mempunyai prioritas atas yang lain. Dengan demikian menghilangkan masalah klsifikasi yang potensial.

Laporan Laba Rugi Multiple Step

bentuk laporan laba rugi multiple step

Bentuk Laporan Laba Rugi Multiple Step

Banyak akuntan menyatakan bahwa laporan laba rugi lebih baik daripada laporan laba rugi single step. Hal ini dikarenakan adanya hubungan lain yang penting  dalam data pendapatan dan beban dan bahwa perhitungan laba-rugi menjadi lebih informatif dan lebih berguna dalam menunjukkan klasifikasi. Laporan bentuk ini lebih dianjurkan karena mengakui pemisahan transaksi operasi dari transaksi bukan operasi dan mencocokkan biaya dan beban dengan pendapatan yang berkaitan dengannya.

Ciri-ciri laporan laba rugi multiple step adalah :

  • Klasifikasi beban menurut fungsi, penjualan, harga pokok dan administrasi. Hal ini memungkinkan perbandingan segera dengan biaya tahun sebelumnya dan dengan biaya dari bagian lain dalam tahun yang sama.
  • Pemisahan hasil operasi yang diperoleh melalui aktivitas sampingan atau bukan operasi utama perusahaan. Sebagai contoh , perusahaan seringkali menyajikan angka laba dari operasi dan kemudian diikuti bagian Pendapatan dan keuntungan lain atau beban dan kerugian lain yang mencakup pendapatan dan beban bunga, deviden yang diterima, penjualan asset selain persediaan dan lain-lain.

Semoga kalian paham akan bentuk dan perbedaan laporan laba rugi single step dan multiple step. Baca juga pengertian subsequent event dan contohnya :)