Materi biaya relevan dan tidak relevan ini akan menjelaskan pengertian biaya relevan dan biaya tidak relevan / definisi biaya relevan dan tidak relevan & perbedaan biaya relevan dan tidak relevan.

Biaya Relevan dan Biaya Tidak Relevan

Pengertian Biaya Relevan

Apa yang dimaksud dengan biaya relevan ?

Definisi biaya relevan adalah biaya yang berkonsep pada menghilangkan data yang tidak diperlukan yang dapat mempersulit proses pengambilan keputusan. Hal ini dikarenakan relevansi merupakan salah satu kualitas yang paling penting dari informasi akuntansi manajemen yang baik. Dengan kata lain biaya relevan adalah biaya yang timbul atau dibebankan kepada satu atau lebih aktivitas atas dasar manfaat yang diterima atau hubungan logis lainnya dan haruslah terukur secara kuantitatif yang dapat membantu pihak manajemen dalam pengambilan keputusan.

Pengertian Biaya Tidak Relevan

Apa itu biaya tidak relevan ?

Biaya tidak relevan adalah biaya yang tidak berhubungan sama sekali dengan pengambilan keputusan manajemen. Biaya tidak relevan / irrelevant cost tidak dapat mempengaruhi keputusan tertentu secara kuantitatif dan tidak boleh juga untuk diabaikan secara mutlak.

Nah sekarang tentu kamu sudah paham mengenai perbedaan relevant cost dan irrelevant cost bukan? Lihat juga joint cost dan commont cost & perbedaan biaya produk dan biaya periode :)