Materi akuntansi rekonsiliasi bank kali ini akan menjelaskan cara membuat rekonsiliasi bank selangkah demi selangkah / cara menyusun rekonsiliasi bank / langkah langkah membuat rekonsiliasi bank.

Cara Membuat Rekonsiliasi Bank

Langkah langkah rekonsiliasi bank / prosedur pembuatan rekonsiliasi bank yang baik dan benar itu seperti apa sih?

Cara mudah memahami rekonsiliasi bank adalah dengan menguasai konsep faktor penyebab rekonsiliasi bank. Langkah-langkah dalam membuat rekonsiliasi bank adalah sebagai berikut :

  1. Dimulai dengan dua buah nilai, nilai sisa yang ada di dalam rekening Koran bank (nilai sisa menurut bank) dan nilai sisa di dalam daftar hitung perusahaan (nilai sisa menurut buku)
  2. Tambahkan pada atau kurangkan dari, nilai sisa bank hal-hal yang muncul pada buku tetapi belum tampak pada laporan bank :
    1. Tambahkan setoran dalam perjalanan pada nilai sisa bank
    2. Kurangkan cek-cek dalam perjalanan dari nilai sisa bank.
  3. Tambahkan pada atau kurangkan dari nilai sisa buku hal-hal yang tampak pada laporan bank tetapi belum muncul pada buku perusahaan
    1. Tambahkan pada nilai sisa buku : penagihan oleh bank dan setiap pendapatan bunga yang diterima dari uang yang ada di bank.
    2. Kurangkan dari nilai sisa buku : beban pelayanan, beban pencetakan cek dan beban bank lainnya.
  4. Menghitung nilai sisa bank yang telah disesuaikan dan nilai buku yang disesuaikan. Kedua nilai sisa yang telah disesuaikan ini haruslah sama besar.
  5. Membuat jurnal dari setiap hal di no 3, yaitu setiap hal yang tampak sebagai bagian dari pencatatan pada buku dari rekonsiliasi bank tersebut. Hal-hal ini harus dicatat dalam buku perusahaan karena akan mempengaruhi kas.
  6. Memperbaiki semua kesalahan pada buku dan memberitahukan bank mengenai setiap kesalahan yang telah dibuatnya.

Untuk lebih memahami langkah-langkah dan cara membuat rekonsiliasi bank, ada baiknya kamu lihat contoh soal rekonsiliasi bank dan jawabannya :)