Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Akuntansi Sektor Publik

Akuntansi Sektor Publik bergerak dalam lingkungan yang sangat kompleks. Faktor yang mempengaruhi organisasi sektor publik sekaligus mempengaruhi akuntansi sektor publik adalah sebagai berikut :

  • Faktor Kultural. Meliputi: Keragaman suku, ras, agama, bahasa, dan budaya; sistem nilai di masyarakat; historis; sosiologi masyarakat; karateristik masyarakat; dan tingkat pendidikan.
  • Faktor Ekonomi. Meliputi : Pertumbuhan ekonomi; tingkat inflasi; pertumbuhan pendapatan per kapita, struktur produksi; tenaga kerja; arus modal dalam negeri; cadangan devisa; nilai tukar uang; utang dan bantuan luar negeri, infrastruktur; teknologi; kemiskinan dan kesenjangan ekonomi; dan sektor informal
  • Faktor Demografi. Meliputi: Pertumbuhan penduduk; struktur usia penduduk; migrasi, dan tingkat kesehatan.
  • Faktor Politik. Meliputi: Hubungan negara dengan masyarakat; legitimasi pemerintah; tipe rezim yang berkuasa; ideologi negara; elit politik dan massa; jaringan internasional; dan kelembagaan

Nah itulah faktor-faktor yang mempengaruhi akuntansi sektor publik. Semoga bermanfaat bagi para pembaca materiakuntansi.com :)