Artikel anggaran sektor publik kali ini akan menjelaskan fungsi anggaran sektor publik / tujuan anggaran sektor publik / alasan pentingnya anggaran sektor publik.

Fungsi Anggaran Sektor Publik

Mengapa anggaran sektor publik itu penting ? Hal ini dikarenakan manfaat anggaran sektor publik sangatlah teramat banyak sekali khususnya dalam membangun sektor pemerintahan yang solid.

Peran dan fungsi anggaran sektor publik adalah sebagai berikut :

fungsi anggaran sektor publik menurut para ahli :

  • Sebagai alat politik. Pembuatan anggaran sektor publik memerlukan keahlian bernegosiasi dan pemahaman tentang prinsip manajemen keuangan serta keahlian berpolitik. Oleh karena itu anggaran tentu saja bisa digunakan untuk memutuskan prioritas-prioritas kebutuhan keuangan untuk tujuan politik tertentu.
  • Sebagai alat pengendalian. Anggaran publik dapat memberikan secara detail mengenai pendapatan dan pengeluaran sehingga pemerintah dapat dengan mudah mengetahui pemborosan-pemborosan pada sektor tertentu.
  • Sebagai alat penilaian kinerja, Anggaran dapat menjadi alat pengukur kinerja dengan mengaitkan seberapa besar keberhasilan yang dicapai dengan hal-hal yang telah ditetapkan.
  • Sebagai alat perencanaan. Anggaran berfungsi sebagai alat perencanaan dalam menentukan program dan kegiatan, mengalokasikan dana pada berbagai program dan kegiatan,  menentukan indikator kinerja dan tingkat pencapaian strategi.
  • Sebagai alat kebijakan fiskal. Anggaran dapat digunakan untuk  menstabilkan ekonomi serta memicu pertumbuhan ekonomi.
  • Sebagai alat koordinasi dan komunikasi. Anggaran berfungsi sebagai alat koordinasi antar sektor pemerintahan.
  • Sebagai alat untuk memotivasi. Anggaran dapat memicu motivasi manajer dan staffnya agar bekerja secara ekonomis, efektif dan efisiensi dalam mencapai target dan tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

Itulah beberapa fungsi anggaran sektor publik. Semoga bermanfaat ! Lihat juga pengertian anggaran sektor publik & perkembangan akuntansi sektor publik di Indonesia :)