Materi kuliah audit pemasaran kali ini akan membahas tentang jenis-jenis audit pemasaran.

Jenis Audit Pemasaran

Pada artikel sebelumnya kita sudah mempelajari tentang pengertian audit pemasaran dan langkah-langkah audit pemasaran. Lalu apa saja sih jenis audit pemasaran ?

Macam-macam audit pemasaran secara umum terdiri dari 2 bagian yaitu :

  1. Audit horizontal / Audit komprehensif yaitu audit pemasaran yang ruang lingkupnya lebih luas dan lebih menyeluruh dari semua fungsi dalam pemasaran.
  2. Audit vertikal / Audit fungsional  yaitu audit pemasaran yang ruang lingkupnya hanya satu fungsi dalam departemen pemasaran saja. Contohnya audit pemasaran tentang penjualan atau iklan.

Pada kenyataannya jenis audit pemasaran sangatlah kompleks dan bermacam-macam diantaranya adalah :

  • Audit strategi pemasaran adalah audit yang berfokus pada pengevaluasinya dari tujuan dan strategi pemasaran perusahaan terhadap lingkungan pasar yang ada sekarang dan  lingkungan pasar pada masa yang akan datang.
  • Audit lingkungan pemasaran adalah audit yang bertujuan untuk menganalisis kekuatan ekonomi utama perusahaan secara makro serta aspek dalam lingkungan organisasi.
  • Audit sistem pemasaran adalah audit yang berfokus pada perencanaan dan pengendalian mutu dari sistem organisasi.
  • Audit produktivitas pemasaran adalah audit yang menguji aspek yang berbeda dari program pemasaran dan menganalisis tingkat efektifitas biaya dari berbagai tingkat pengeluaran pemasaran yang ada.
  • Audit organisasi pemasaran adalah audit tentang seberapa besar kemampuan struktur organisasi menerapkan strategi untuk mengembangkan lingkungan.
  • Audit fungsi pemasaran adalah audit yang menganalisis unsur bauran pemasaran perusahaan dan menilainya secara rinci.

Yuk sebutkan jenis audit pemasaran kembali supaya lebih ingat ! Semoga bermanfaat 😀