Materi joint cost dan common cost ini akan menjelaskan perbedaan joint cost dan common cost, pengertian joint cost dan common cost, biaya bersama akuntansi biaya & contoh common cost dan joint cost.

Joint Cost dan Common Cost

Biaya tidak langsung seringkali disebut dengan biaya bersama (common cost) atau biaya bergabung (joint cost).

pengertian biaya bergabung dan biaya bersama & perbedaan biaya bergabung dan biaya bersama adalah sebagai berikut :

Pengertian Common Cost

Biaya bersama adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk memberikan manfaat kepada LEBIH DARI SATU aktivitas. Biaya bersama terjadi jika dua produk atau lebih yang mungkin dihasilkan secara terpisah dapat diproduksi secara bersama-sama.

Contoh commont cost / contoh biaya bersama :  Perusahaan membuat beberapa produk dalam departemen-departemen yang berlainan tapi pada pabrik yang SAMA, maka biaya pabrik seperti biaya penyusutan pabrik dan biaya pemeliharaan akan menjadi biaya bersama.

Pengertian Joint Cost

Biaya bergabung adalah biaya untuk menghasilkan berbagai produk namun sumbernya hanya dari SATU aktivitas saja.

Contoh joint cost / contoh biaya bergabung : Perusahaan penyulingan minyak yang mengolah minyak mentah mampu memproses bermacam-macam produk seperti solar, oli, premium dsb. Minyak mentah dan biaya proses penyulingannya tersebut merupakan joint cost bagi produk-produk yang dihasilkannya.

Nah sekarang tentu kamu sudah tahu tentang perbedaan biaya bergabung dan biaya bersama / common cost vs joint cost bukan ? Lihat juga perbedaan biaya produk dan biaya periode :)