Pengertian Accrued Expense

Apa arti accrued expense / pengertian accrued expense ?

Beban terutang / accrued expense adalah suatu kewajiban yang berasal dari beban yang telah diakui atau telah terjadi dalam perusahaan tetapi belum dibayar. Pada saat ini perusahaan seringkali sudah mengakui beban operasi walaupun perusahaan belum membayarnya.

Contoh accrued expenses adalah gaji pegawai. Beban gaji (salary expense) dan hutang gaji (salaries payable) akan selalu meningkat selama pegawai perusahaan bekerja dan perusahaan belum membayarkan gaji pegawai tersebut. Contoh accrued expenses lainnya adalah beban bunga atas suatu wesel bayar. Bunga akan terhutang selama berjalannya waktu sampai perusahaan membayar bunga tersebut.

Jurnal Penyesuaian Accrued Expense

Bagaimana metode pencatatan jurnal penyesuaian accrued expense yang benar ?

Bila ayat jurnal untuk mencatat beban yang terhutang itu dilakukan setiap jam, setiap hari, atau tiap minggu, maka pencatatan tersebut akan memakan banyak waktu. Dengan alasan tersebut, maka akuntan akan menunggu sampai dengan akhir periode untuk membuat ayat jurnal penyesuaian yang digunakan untuk memperbaharui akun setiap beban dan juga kewajiban yang terkait.

Nah semoga kalian mengerti mengenai materi accrued expense ini ya teman !

Lihat juga ayat jurnal penyesuaian penyusutan aktiva tetap & ayat jurnal penyesuaian penyusutan peralatan