Artikel metode fifo lifo dan average ini akan menjelaskan perbedaan metode fifo lifo dan average dalam akuntansi / perbandingan fifo lifo dan average serta kelebihan dan kekurangan metode fifo lifo dan average.

Kelebihan dan Kekurangan Metode Fifo Lifo dan Average

Apa keuntungan dan kerugian fifo dan lifo ?

Keuntungan dan kerugian metode FIFO, LIFO, dan average ( biaya rata-rata ) pada dasarnya didasarkan kepada 4 faktor yaitu :

  • Perbandingan industri
  • Biaya pembukuan
  • Pengaruh terhadap pajak penghasilan
  • Dampak pada Laporan Keuangan

Pada metode average kelebihan dan kekurangannya berada di antara metode fifo dan lifo.

Perbandingan Industri

Jika perusahaan lain dalam suatu industri yang sama menggunakan metode FIFO, sedangkan kinerja yang dilaporkan dari perusahaan menggunakan LIFO maka laporan keuangan perusahaan akan kelihatan lebih buruk dalam perbandingan tersebut. Hal ini dikarenakan pengguna laporan keuangan seringkali mengabaikan pengungkapan tambahan tentang LIFO dan hanya membandingkan angka-angka yang belum disesuaikan.

Biaya Pembukuan

Pembukuan yang berhubungan dengan metode LIFO menjadi lebih rumit dari pada FIFO atau biaya rata-rata. Dari segi keuangan, biaya untuk menerapkan metode LIFO adalah lebih mahal. Karena alasan biaya yang mahal ini, LIFO kurang umum untuk digunakan oleh perusahaan-perusahaan kecil dimana tiap keuntungan pajak dapat ditelan oleh kenaikan biaya pembukuan.

Pajak Penghasilan

Bagi perusahaan dengan tingkat persediaan yang kecil atau dengan biaya persediaan yang datar atau menurun, maka metode LIFO hanya memberikan keuntungan kecil dari pajak. Perusahaan seperti ini memilih untuk tidak menggunakan LIFO. Sedangkan jika perusahaan dengan tingkat persediaan yang tinggi sedang mengalami kenaikan biaya persediaan yang signifikan, dan kemungkinan tidak akan mengalami penurunan persediaan di masa depen, maka LIFO memberikan keuntungan arus kas yang substansial dalam hal penundaan pajak. Ini adalah alasan utama dari penerapan LIFO oleh kebanyakan perusahaan.

Dampak pada Laporan Keuangan

Sekalipun memberikan keuntungan pajak, LIFO juga membuat laba dan nilai persediaan yang dilaporlan menjadi lebih rendah. Dampak negatif terhadap laporan keuangan ini dapat membahayakan perusahaan, karena akan membuat khawatir para pemegang saham, investor potensial, dan bank. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menyediakan pengungkapan tambahan yang memungkinkan pemakai untuk melihat penyajian laporan keuangan apabila yang digunakan adalah metode FIFO maupun biaya rata-rata.

Nah itulah kelebihan dan kekurangan metode fifo lifo dan average yang perlu kamu ketahui. Semoga materi akuntansi fifo dan lifo ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua :)

Lihat juga pengertian rekonsiliasi bank dan contohnya & pengertian bank overdraft