Materi ekonomi makro kali ini akan menjelaskan komponen ekonomi makro / komponen dalam ekonomi makro.

Komponen Ekonomi Makro

Komponen utama ekonomi makro itu apa saja sih ?

Dalam ekonomi makro terdapat 4 kelompok pelaku ekonomi yaitu rumah tangga dan perusahaan, dimana ke duanya merupakan sektor swasta, pemerintah yang merupakan sektor publik dan negara lain yang merupakan sektor internasional.

4 komponen ekonomi makro tersebut saling berinteraksi satu sama lain dalam pasar-pasar yaitu :

    1. Pasar barang dan jasa
    2. Pasar tenaga kerja
    3. Pasar uang

Komponen Ekonomi Makro Pasar Barang dan Jasa

Rumah tangga dan pemerintah membeli barang dan jasa dari pasar ini. Perusahaan juga membeli input dari pasar ini. Sebagai contoh pabrik roti akan membeli terigu dan telur di pasar barang. Sedangkan pelaku ekonomi yang menyediakan semua barang dan jasa di pasar ini adalah perusahaan.

Komponen Ekonomi Makro Pasar Tenaga Kerja

Interaksi dalam pasar ini terjadi antara perusahaan dan pemerintah di satu sisi dan rumah tangga di sisi yang lain. Perusahaan dan pemerintah membutuhkan tenaga kerja untuk berproduksi, dimana tenaga kerja ini disediakan oleh rumah tangga.

Komponen Ekonomi Makro Pasar Uang

Dalam pasar ini rumah tangga membeli saham dan obligasi dengan harapan akan memperoleh pendapatan di kemudian hari. Perusahaan juga mencari tambahan modal dari pasar ini dengan cara menjual saham dan obligasi, demikian juga yang dilakukan pemerintah untuk memperoleh tambahan dana.

Itulah komponen ekonomi makro secara umum. Ayo sebutkan komponen ekonomi makro kembali biar kamu lebih ingat !