Materi neraca pembayaran kali ini akan menjelaskan komponen neraca pembayaran dan jenis transaksinya

Komponen Neraca Pembayaran dan Jenis Transaksinya

Komponen neraca pembayaran terdiri dari :

  1. Neraca transaksi berjalan (current account)
  2. Neraca modal (capital account)
  3. Lalu lintas devisa (official financing account)
  1. Neraca Transaksi Berjalan (Current Acount)

Pengertian neraca transaksi berjalan adalah neraca yang mencatat transaksi yang berasal dari perdagangan barang dan jasa dan dari pendapatan yang berasal dari modal yang diinvestasikan di Negara lain. Neraca ini dibagi 2, yaitu yang mencatat transaksi barang disebut sebagai visible account, atau neraca perdagangan atau balance of trade. Yang dicatat dalam neraca ini adalah transaski seperti ekspor pakaian, impor mobil dan sebagainya.

Sedangkan neraca yang mencatat ekspor dan impor jasa disebut sebagai invisible account atau service account. Jasa yang masuk dalam transaksi ini ada berbagai macam diantaranya jasa pengiriman, asuransi dan turisme. Selain itu pembayaran bunga, dividend an keuntungan yang diperoleh dari modal asing juga masuk dalam neraca ini.

  1. Neraca Modal (Capital Account)

Pengertian neraca modal adalah neraca yang mencatat pergerakan modal financial antar Negara. Investasi Indonesia di Negara lain disebut sebagai capital outflow atau capital export. Capital outflow membutuhkan mata uang asing, sehingga dalam pencatatan dimasukkan sebagi debit. Sedangkan investasi asing yang masuk ke Indonesia disebut sebagai capital inflow atau capital import. Investasi asing ini menambah supply mata uang asing, oleh karena itu pencatatannya dimasukkan sebagai kredit.

Aliran modal dibagi menjadi 2 yaitu aliran modal jangka pendek dan aliran modal jangka panjang. Aliran modal jangka pendek adalah uang yang disimpan dalam asset yang sangat likuid seperti tabungan dan surat berharga jangka pendek. Sedangkan aliran modal jangka panjang adalah uang yang disimpan dalam asset yang kurang likuid seperti surat hutang jangka panjang atau dibuat pabrik.

Aliran modal jangka panjang ada 2 macam yaitu investasi langsung dan investasi portfolio. Investasi langsung yaitu bila orang asing memilki perusahaan di Indonesia atau sebaliknya. Sedangkan investasi portfolio adalah investasi yang tidak langsung ikut mengendalikan perusahaan seperti kepemilikan saham.

  1. Lalu Lintas Devisa (Official Financing Account)

Disini dicatat semua transaksi yang berhubungan dengan cadangan devisa yang dimiliki oleh suatu Negara dan dipegang oleh Bank Sentral. Cadangan devisa ini bisa berupa emas atau mata uang internasional seperti dollar. Bank Sentral dapat masuk ke pasar uang dengan membeli atau menjual cadangan devisanya untuk mempengaruhi nilai rupiah terhadap mata uang tertentu misalya dollar.

Nah itulah penjelasan komponen neraca pembayaran dan jenis transaksinya dalam suatu negara. Semoga bermanfaat !