Apa persyaratan terlaksananya sistem pengendalian intern yang efektif ? Bagaimana sistem pengendalian intern yang baik itu ?

Kriteria Sistem Pengendalian Intern Yang Baik dan Efektif

Faktor yang mempengaruhi sistem pengendalian intern serta karakteristik sistem pengendalian intern yang efektif adalah :

  • Karyawan yang mampu dan dapat dipercaya

Untuk mendapatkan seorang karyawan yang kompeten, perusahaan dapat memberikan gaji yang baik, memberikan pelatihan dan mengawasi tugas mereka.

  • Tugas pertanggungjawaban

Semua tugas/kewajiban telah didefinisikan dengan jelas dan ditugaskan pada masing-masing individu yang bertanggungjawab untuk melaksanakan tugas tersebut.

  • Memberikan kekuasaan yang tepat

Suatu organisasi biasanya mempunyai sekumpulan aturan-aturan tertulis yang memuat prosedur-prosedur pengesahan setiap penyimpangan dari kebijaksanaan standar akan membutuhkan pemberian kuasa yang layak/pantas.

  • Pemisahan Tugas

Konsep pemisahan tugas dalam pengendalian internal akan membatasi kesempatan terjadinya kesalahan dan tugas memberikan ketepatan bagi catatan-catatan akuntansi.

Pemisahan Tugas Dalam Pengendalian Internal

Sistem pengendalian intern dalam pemisahan fungsi dan otorisasi dalam sebuah organisasi adalah hal yang sangat penting. Pemisahan tugas dalam pengendalian internal dapat dibagi menjadi 4 bagian yaitu :

  1. Pemisahan antara operasi dan akuntansi. Contohnya tugas untuk menyimpan catatan-catatan periode adalah tugas akuntan bukan tugas tenaga penjualan.
  2. Pemisahan antara penanggungjawab dengan akuntan. Contohnya akuntan tidak boleh menangani uang kas, dan kasir tidak boleh memeriksa catatan-catatan akuntan.
  3. Pemisahan antara pemberian kuasa atas transaksi-transaksi dengan penanggung jawab aktiva yang bersangkutan. Contohnya individu yang sama tidak boleh memberikan kuasa atas pembayaran/pelunasan faktur pemasok dan juga menandatangani ceknya untuk melunasi tagihan tersebut.
  4. Pemisahan tugas kewajiban di dalam sistem akuntansi terkomputerisasi. Contohnya petugas yang memasukkan ke dalam komputer tidak boleh sebagai pentugas yang juga mengoperasikan mesin-mesin tersebut.

Nah semoga artikel sistem pengendalian intern yang singkat ini bisa menambah wawasan kamu mengenai kriteria sistem pengendalian intern yang baik.

Lihat juga jurnal pembelian dan penjualan perusahaan dagang :)