Apa  pengertian kualitas sekunder laporan kuangan ?

Kualitas Sekunder dari Laporan Keuangan

Kualitas sekunder laporan keuangan mengacu pada kualitas sekunder dalam SFAC nomor 2 yaitu yang pertama Comparability dan yang kedua adalah Consistency.

Pengertian comparability dalam akuntansi adalah bahwa informasi tentang sebuah perusahaan akan lebih berguna jika bisa diperbandingkan dengan informasi serupa yang menyangkut perusahaan lain.

Pengertian consistency dalam akuntansi adalah upaya konsisten dalam menerapkan metode akuntansi serta dapat diperbandingkan dengan perusahaan yang sama pada periode waktu yang berbeda.

Jadi kualitas sekunder dari laporan keuangan berarti informasi laporan keuangan bisa dicatat dengan cara yang sama dalam laporan keuangan dari perusahaan yang berbeda dan untuk perusahaan tertentu dalam periode yang berbeda. Namun demikian, harus diakui bahwa keseragaman bukan selalu menjadi jawaban dari perbandingan. Kondisi yang berbeda mungkin akan membutuhkan perlakuan akuntansi yang berbeda.

Semoga kamu paham akan konsep kualitas sekunder dari laporan keuangan. Lihat juga kualitas primer laporan keuangan yaitu reliability dan relevance biar tambah pinter :)