Langkah-langkah membuat laporan arus kas / langkah langkah dalam menyusun laporan arus kas itu seperti apa sih ? Bagaimana menyusun laporan arus kas metode langsung dan tidak langsung ?

Langkah-Langkah Menyusun Laporan Arus Kas

Perlu diingat bahwa untuk menyusun laporan arus kas itu kita harus mempunyai informasi keuangan yang berasal dari tiga sumber yaitu neraca perbandingan, perhitungan laba rugi periode berjalan, dan data transaksi terpilih.

Langkah langkah penyusunan laporan arus kas secara  sistematis  yang dapat digunakan dalam menganalisis laporan laba-rugi dan neraca komparatif dalam penyusunan laporan arus kas adalah sebagai berikut :

1. Menghitung besar perubahan saldo kas selama setahun. Laporan arus kas tidak akan sempurna sampai jumlah kas dari aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan betul-betul sama dengan jumlah perubahan pada saldo kas selama tahun tersebut.

2. Mengubah operasi dasar akrual menjadi dasar kas. Hal ini dapat dilakukan dengan :

a. Menghapus keuntungan dan kerugian yang berhubungan dengan aktivitas investasi dan pendanaan agar tidak dicatat dua kali.
b. Menghapus beban non kas seperti penyusutan.
c. Menyesuaikan perubahan salso aktiva lancar dan hutang jangka pendek.

3. Menganalisis pengaruh perubahan aktiva jangka panjang terhadap arus kas dari aktivitas investasi seperti perubahan dalam bangunan, pabrik dan peralatan. Periksa juga perkiraan investasi dalam surat berharga karena pembelian dan penjualan surat berharga juga dikelompokkan dalam aktivitas investasi.

4. Menganalisis pengaruh perubahan hutang jangka panjang dan modal pemegang saham terhadap arus kas dari aktivitas pendanaan. Termasuk dalam transaksi-transaksi ini adalah meminjam atau membayar pinjaman, mengeluarkan atau membeli kembali saham, dan membayar deviden.

5. Menghitung arus kas bersih dari aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan yang jumlahnya harus sama dengan peningkatan atau penurunan bersih pada perkiraan kasseperti yang dihitung dalam langkah pertama. Kemudian susunlan laporan arus kas yang formal dengan mengelompokkan seluruh arus kas masuk dan keluar berdasarkan aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan. Arus kas bersih dari masing-masing aktivitas harus diberi penekanan.

6. Menyiapkan pengungkapan tambahan, termasuk transaksi investasi dan pendanaan apa saja yang tidak menggunakan kas. Pengungkapan ini dibuat diluar laporan arus kas. Jenis transaksi yang diungkapkan termasuk pembelian tanah dengan mengeluarkan saham dan pelunasan obligasi dengan mengeluarkan saham. Selain itu, pengungkapan tambahan untuk kas yang dibayar untuk beban bunga dan pajak juga diperlukan.

Langkah-langkah menyusun laporan arus kas cukup mudah bukan ? Lihat juga laporan arus kas metode langsung & laporan arus kas metode tidak langsung agar kalian tahu cara membuat laporan arus kas metode langsung dan tidak langsung secara lebih mendalam :)