Materi tentang pengangguran ini akan menjelaskan jenis-jenis pengangguran dan cara mengatasi nya & macam macam pengangguran dan contohnya.

Macam-Macam Pengangguran dan Cara Mengatasinya

MACAM PENGANGGURAN

Ada 3 macam pengangguran menurut sifatnya yaitu :

  1. Pengangguran Siklikal (Cyclical unemployment)
  2. Pengangguran Friksional (Frictional unemployment)
  3. Pengangguran Struktural (Structural unemployment)

Dampak pengangguran bagi masyarakat dan negara sangatlah bersifat negatif. Oleh karenanya diperlukan cara yang efektif untuk mengatasi pengangguran.

CARA MENGATASI PENGANGGURAN

Cara mengatasi pengangguran friksional struktural dan penganggutan siklis dapat diatasi dengan tindakan yang berbeda, yaitu :

  1. Cyclical unemploymentcara mengatasi pengangguran siklis adalah dengan memberikan kebijakan fiskal dan moneter yang sifatnya ekspansi yaitu dengan meningkatkan pengeluaran pemerintah, mengurangi pajak atau meningkatkan penawaran uang. Semua kebijakan tersebut bertujuan untuk menstimulasi permintaan sehingga perekonomian dapat berjalan kembali karena produsen menambah produksi yang dengan sendirinya akan menambah input, termasuk input tenaga kerja.

  1. Frictional unemployment – cara mengatasi pengangguran friksional adalah dengan memberikan informasi yang sejelas-jelasnya kepada para calon pekerja tentang pekerjaan yang tersedia, yang meliputi jenis pekerjaan, lokasi, persyaratan yang dibutuhkan dan lain-lain.

  1. Structural unemployment – cara mengatasi pengangguran struktural adalah dengan jalan memberikan pengajaran yang selalu mengikuti perkembangan jaman kepada para pelajar dan mahasiswa. Bagi para pekerja diberikan pelatihan-pelatihan agar dapat terus mengikuti perkembangan teknologi. Bila hal tersebut tidak dimungkinkan, misal pekerja tersebut sudah terlalu tua, maka dapat diberikan pensiun atau tunjangan hari tua yang memadai. Sebab bila pekerja tersebut dipertahankan, biaya yang dikeluarkan akan lebih besar daripada peningkatan produktivitas yang diperoleh.

Nah itulah macam-macam pengangguran dan cara mengatasinya. Semoga penjelasan tentang jenis pengangguran dan cara mengatasinya ini dapat mudah dipahami oleh pembaca www.materiakuntansi.com :)