Apa fungsi neraca balance sheet / tujuan menyusun balance sheet ? Apa manfaat dan keterbatasan informasi balance sheet ?

Manfaat dan Keterbatasan Balance Sheet

Manfaat Balance Sheet / Manfaat Neraca Keuangan

Manfaat balance sheet adalah sebagai sarana dan prasarana untuk menganalisis fleksibilitas, likuiditas dan solvabilitas keuangan dari suatu perusahaan.

Pengertian Fleksibilitas Keuangan.

Fleksibilitas artinya kemampuan perusahaan mengambil tindakan yang efektif untuk mengubah jumlah dan penetapan waktu arus kas sehingga bisa bereaksi terhadap kebutuhan dan peluang yang tak terduga. Secara umum semakin tinggi fleksibilitas keuangan, semakin kecil resiko kegagalan perusahaan.

Sebuah perusahaan yang memiliki banyak hutang menjadi tidak fleksibel secara keuangan, mungkin memiliki sumber kas yang terbatas atau tidak sama sekali untuk membiayai ekspansi atau melunasi hutang yang telah jatuh tempo. Sementara sebuah peusahaan yang mempunyai tingkat fleksibilitas keuangan yang tinggi akan lebih mampu melalui periode yang buruk, memulihkan diri dari krisis, dan memanfaatkan peluang investasi yang tak terduga dan menguntungkan.

Pengertian Likuiditas.

Likuiditas menunjukkan jumlah waktu yang diperkirakan akan dibutuhkan sampai suatu aktiva terealisasi atau sebaliknya dikonversi menjadi kas atau sampai kewajiban dibayar. Secara umum, semakin tinggi likuiditas, semakin kecil resiko kegagalan perusahaan.

Kreditor sangat berkepentingan dengan ratio likuiditas jangka pendek, seperti ratio kas terhadap kewajiban jangka pendek, karena ratio ini mengindikasikan apakah perusahaan akan memiliki sumberdaya untuk melunasi kewajiban lancarnya dan ayang segera jatuh tempo. Demikian juga, pemegang saham menggunakan likuiditas untuk mengevaluasi kemungkinan deviden tunai, atau pembelian kembali saham.

Pengertian Solvabilitas.

Solvabilitas adalah kemampuan perusahaan untuk mebayar hutang-hutangnya pada saat jatuh tempo. Sebagai contoh, jika sebuah perusahaan memiliki hutang jangka panjang yang tinggi relative terhadap aktiva, maka perusahaan ini mwmiliki solvabilitas (solvency) yang lebih rendah disbanding perusahaan sejenis dengan hutang jagka panjang yang rendah. Solavabilitas yang rendah mengindikasikan bahwa perusahaan relative lebih beresiko karena aktivanya akan diperlukan untuk membayar kewajiban tetap ini.

Keterbatasan Balance Sheet / Keterbatasan Neraca Keuangan

Kelemahan balance sheet atau keterbatasan informasi balance sheet adalah sebagai berikut :

  • Off Balance Sheet. Yaitu meningkatnya penggunaan dari pendanaan di luar neraca (off-balance-sheet) untuk menghindari pelaporan kewajiban dalam jumlah yang besar pada neraca perusahaan.
  • Biaya historis. Sebagian besar aktiva dan kewajiban dicatat pada biaya historis atau harga perolehan. Akibatnya, informasi yang dilaporkan dalam neraca memiliki reliabilitas yang lebih tinggi di satu sisi, namun disisi lain dikecam karena nilai wajar saat ini yang lebih RELEVAN tidak dilaporkan.
  • Nilai tukar / kurs. Sebuah masalah yang berhubungan dengan neraca adalah ketidak stabilan nilai tukar yang mengakibatkan tidak dapat dipertahankannya daya beli yang konstan, sementara sumberdaya dan ekuitas pada neraca tidak disesuaikan terhadap perubahan didalam daya beli dari unit pengukuran.
  • Pertimbangan dan estimasi yang digunakan untuk menentukan berbagai pos yang dilaporkan dalam neraca. Misalnya masa manfaat suatu aktiva, Jumlah piutang yang tak tertagih, Jumlah beban garansi yang harus dicadangkan dan lain-lain.
  • Aktiva tak berwujud. Sumberdaya manusia yang handal, produk yang unggul, pelayanan yang prima terhadap pelanggan ini jelas merupakan aktiva penting bagi perusahaan, namun neraca tidak dapat melaporkan karena tidak bisa dicatat atau diukur secara objektif.
  • Komparabilitas. Keterbatasan lain dari neraca keuangan juga berhubungan dengan kebutuhan untuk bisa dibandingkan (comparability), yaitu bahwa tidak semua perusahaan mengklasifikasikan dan melaporkan semua unsur neracanya dengan cara yang sama. Misalnya Klasifikasi judul dan perkiraan yang beragam. Perbedaan semacam ini membuat perbandingan menjadi sulit dan mengurangi nilai potensial analisis neraca.

Nah itulah manfaat dan keterbatasan balance sheet yang wajib kamu ketahui. Semoga bermanfaat ! :)