Materi kuasi reorganisasi ini akan menjelaskan akuntansi kuasi reorganisasimetode kuasi reorganisasi & prosedur kuasi reorganisasi / tata cara pelaksanaan kuasi reorganisasi / cara kuasi reorganisasi.

Mekanisme Kuasi Reorganisasi

Bagaimana cara melakukan kuasi reorganisasi ?

Mekanisme kuasi reorganisasi / tata cara kuasi reorganisasi secara umum adalah sebagai berikut :

  • Menilai kembali aktiva dan kewajiban perusahaan berdasarkan nilai wajar atau nilai pasar pada saat reorganisasi dimulai.
  • Menentukan jumlah modal setoran lain atau agio saham yang dimaksudkan untuk menutupi defisit. Jika hal tersebut tidaklah cukup untuk menutupi defisit, maka nominal saham atau nilai yuridis saham akan diturunkan atau bisa juga dengan meminta para pemegang saham untuk mendonasikan sebagian modal sahamnya. Hal ini berarti bahwa sebagian modal saham tersebut akan dilikuidasi tanpa memberikan kompensasi apapun kepada pemegang saham.
  • Mengeliminasi saldo debit laba ditahan (defisit) dengan cara mendebit agio/premium modal saham.
  • Mengungkapkan rincian-rincian jumlah apa saja yang membentuk struktur modal yang baru seperti hasil penilaian kembali aktiva dan kewajiban, agio/premium, dan besarnya defisit yang diserap pada laporan keuangan untuk tahun terjadinya kuasi reorganisasi ini.

Itulah beberapa mekanisme kuasi reorganisasi yang wajib kamu ketahui. Lihat juga pengertian kuasi reorganisasi & pengertian penyesuaian retroaktif :)