Apa pengertian dana kas kecil imprest ? Bagaimana pencatatan kas kecil sistem imprest / laporan kas kecil sistem imprest seperti jurnal kas kecil metode imprest & pengisian kembali kas kecil metode imprest ?

Pengertian Kas Kecil Sistem Imprest

Pengertian dana kas kecil sistem imprest adalah sejumlah kas yang digunakan untuk membayar sejumlah kecil uang untuk banyak hal seperti makan siang karyawan, ongkos taksi, perlengkapan kantor yang kecil-kecil dan beban rupa-rupa lainnya.

Kas kecil imprest merupakan salah satu pengendalian kas dalam akuntansi yang baik, sekaligus mematuhi aturan pengeluaran dengan cek karena seringkali tidak praktis untuk mewajibkan pembayaran kecil seperti itu jika dilakukan dengan cek.

Pencatatan Kas Kecil Metode Imprest

Berikut ini adalah contoh kas kecil sistem imprest :

1) Seseorang ditunjuk sebagai pengawas kas kecil dan mendapat sejumlah kecil uang untuk melakukan pembayaran yang nilainya kecil.

Kas Kecil          300

        Kas                         300

2) Pada waktu pengeluaran dilakukan, pengawas kas kecil memperoleh tanda terima yang ditanda tangani dari setiap orang yang menerima pembayaran kas tersebut. Jika mungkin bukti pengeluaran harys dilekatkan pada tanda terima kas kecil.

(Transaksi kas kecil tidak dicatat sampai dana diisi kembali kecuali akan  disusun laporan keuangan)

3) Apabila persediaan kas menipis, pengawas melakukan permintaan kepada kasir umum untuk pengisian kembali yang didukung oleh tanda terima kas kecil dan bukti pengeluaran lain. Pengawas menerima sebuah cek perusahaan untuk mengisi kembali  dana tersebut.

Beban Perlengkapan Kantor         42

Beban Perangko                            53

Beban Representasi                      76

Kelebihan dari kekurangan kas      2

        Kas                                                        173

4)    Apabila diputuskan bahwa jumlah kas dalam dana kas kecil terlalu besar, dapat dibuat suatu penyesuaian sebagai berikut (misalnya menurunkan saldo dana dari $300 menjadi $250).

Kas                        50

           Kas Kecil              100

Ayat jurnal yang dilakukan pada kas kecil ini hanyalah untuk menaikkan dan menurunkan jumlah dari dana kas kecil yang telah dibentuk.

Nah itulah contoh jurnal kas kecil imprest fund yang seringkali ditemui dalam mengelola dana kas kecil sistem imprest. Semoga artikel pencatatan kas kecil metode imprest ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua :)