Artikel metode pengakuan laba dalam penjualan cicilan ini akan menjelaskan metode akuntansi penjualan cicilan / metode pengakuan pendapatan penjualan angsuran dan contoh soal metode penjualan cicilan.

Pengakuan Pendapatan Metode Penjualan Cicilan

Pengertian Akuntansi Penjualan Cicilan

Apa pengertian penjualan cicilan / pengertian akuntansi metode cicilan ?

Metode penjualan cicilan adalah metode pengakuan pendapatan yang lebih menekankan PENAGIHAN daripada penjualan. Metode ini mengakui laba pada periode penagihan dan bukan pada saat penjualan. Ungkapan penjualan cicilan biasanya digunakan oleh akuntan dan lainnya untuk menjelaskan suatu jenis penjualan yang pembayarannya diwajibkan dalam periode cicilan selam periode waktu yang diperpanjang.

Menurut metode akuntansi cicilan, pengakuan laba ditangguhkan sampai periode penagihan kas. Baik pendapatan maupun biaya-biaya penjualan diakui pada periode penjualan tetapi laba kotor yang berkaitan ditangguhkan sampai pada periode penagihan kas. Jadi, bukan penjualan yang ditangguhkan pada periode penagihan ataupun biaya-biaya serta beban yang berkaitan ditangguhkan, tetapi hanya proporsi laba kotor yang ditangguhkan, yang setara dengan penundaan penjualan dan harga pokok penjualan. Beban-beban lainnya, seperti beban penjualan, beban administrasi, dan lainnya tidak ditangguhkan.

Lalu apa kelemahan metode penjualan cicilan ? Karena pembayaran produk yang dijual itu tersebar selama periode yang panjang, resiko kerugian dari perkiraan yang tidak dapat ditagih lebih besar daripada transaksi penjualan cicilan daripada penjualan biasa.

Metode Penetapan Laba Kotor Pada Penjualan Cicilan

Adapun langkah-langkah dalam prosedur untuk menangguhkan laba kotor dalam metode penjualan angsuran sebagai berikut :

Untuk penjualan dalam satu tahun

  • Laba kotor yang tidak direalisasi harus ditangguhkan sampai tahun-tahun berikutnya.
  • Selama setahun, catat baik penjualan maupun harga pokok penjualan dengan cara yang biasa, dengan menggunakan perkiraan khusus yang akan dijelaskan kemudian, lalu hitung tingkat laba kotor dalam kegiatan transaksi penjualan cicilan.
  • Pada akhir tahun, terapkan tingkat laba kotor ke penagihan kas pada penjualan cicilan tahun berjalan untuk mendapatkan laba kotor yang direalisasi.

Untuk penjualan yang dibuat pada tahun sebelumnya

  • Tingkat laba kotor untuk masing-masing tahun penjualan harus diterapkan pada penagihan kas dari piutang dagang yang dihasilkan dari masing-masing tahun penjualan tersebut untuk mendapatkan laba kotor yang direalisasi.

Contoh Metode Penjualan Cicilan

Untuk mengilustrasikan metode cicilan dalam akuntansi penjualan barang dagang, gunakan data berikut :

contoh soal metode penjualan cicilan

Untuk menyederhanakan ilustrasi di atas, beban bunga telah dikeluarkan. Sementara ayat-ayat jurnal dalam bentuk jurnal umum adalah sebagai berikut :

jurnal metode penjualan cicilan

Perhitungan realisasi laba kotor yang ditangguhkan untuk tahun 2002 adalah sebagai berikut :

metode akuntansi penjualan cicilan

Pengakuan Pendapatan Metode Penjualan Cicilan

Perhitungan realisasi laba kotor yang ditangguhkan untuk tahun 2003 adalah sebagai berikut :

 metode pengakuan pendapatan penjualan angsuran

Maka perhitungan realisasi laba kotor yang ditangguhkan untuk tahun 2004 adalah sebagai berikut :

pengakuan pendapatan penjualan kredit

Nah itulah penjelasan mengenai pengakuan pendapatan metode penjualan cicilan. Semoga menambah referensi kamu tentang materi penjualan cicilan akuntansi keuangan lanjutan. Semoga bermanfaat !

Lihat juga perhitungan metode kontrak selesai & perhitungan pengakuan pendapatan metode persentase penyelesaian :)