Sistem pengendalian kas perusahaan / jenis pengendalian kas dalam perusahaan itu seperti apa sih ? Bagaimana pengendalian kas dalam akuntansi ?

Pengendalian Kas dalam Akuntansi

Berikut ini adalah bentuk pengendalian kas serta masalah-masalah pengendalian kas dalam akuntansi yang seringkali terjadi pada perusahaan dagang ataupun perusahaan jasa (penerapan pengendalian internal atas kas pada perusahaan di indonesia).

Jumlah kas yang dimilki oleh perusahaan harus diatur secara memadai sehingga tidak terlalu banyak ataupun terlalu sedikit yang tersedia pada setiap saat.  Persedian uang yang memadai harus selalu dipertahankan tanpa terlalu banyak mengaitkannya pada sumber daya perusahaan. Sebagai media pertukaran, kas diperlukan untuk membayar semua harta dan jasa yang dibeli oleh perusahaan dan memenuhi semua kewajiban pada saat jatuh tempo. Jadi pengeluaran kas adalah kejadian setiap hari, dan jumlah dana kas yang mencukupi harus disediakan untuk memenuhi kebutuhan ini.

Di lain pihak, kas, pada dirinya sendiri bukan merupakan harta yang produktif. Kas tidak memberikan hasil atau pengembalian. Namun perlu untuk menyediakan uang kas yang lebih besar dari yang diperlukan untk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dengan margin yang layak untuk keadaan darurat. Kelebihan kas dari yang diperlukan harus diinvestasikan baik dalam sekuritas yang menghasilkan laba ataupun dalam harta lain yang produktif.

Kas adalah harta tunggal yang segera dapat dikonversikan menjadi jenis harta lain. Pos ini mudah digelapkan dan dipindahkan, dan hampir secara universal diinginkan. Akuntansi yang benar untuk transaksi kas karenanya mensyaratkan bahwa pengendalian-pengendalian ditetapkan guna memastikan bahwa kas yang menjadi milik perusahaan tidak dikonversikan secara tidak semestinya untuk keperluan pribadi oleh seseorang di dalam atau dalam kaitan dengan perusahaan.

Jadi intinya pengendalian kas dalam akuntansi yang baik dan benar adalah sebagai berikut :

  • Informasi yang diperlukan untuk pengelolaan kas yang ada di tangan dan transaksi kas harus disediakan. Harus ditekankan bahwa dengan perangkat pengendalian yang canggihpun, kesalahan dapat terjadi. Pengaturan jumlah kas yang ada di tangan terutama merupakan masalah manajemen, tetapi para akuntan harus mampu memberikan informasi yang diperlukan oleh manajemen untuk mangatur, melalui peminjaman atau investasi untuk kas yang ada di tangan.
  • Pengendalian yang tepat harus ditetapkan untuk memastikan bahwa tidak ada transaksi yang tidak diotorisasi yang dimasukkan oleh staf atau karyawan.

Semoga penjelasan singkat mengenai pengendalian kas dalam akuntansi ini bisa mudah untuk kamu pahami. Baca juga pengertian kas dalam akuntansi keuangan :)