Materi activity based management ini akan menjelaskan pengertian activity based management (abm) | arti activity based management & penerapan activity based management.

Pengertian Activity Based Management

Apa yang dimaksud dengan activity based management ? Apa itu activity based management ?

pengertian activity based management menurut para ahli :

Activity Based Management adalah bagian dari akuntansi manajemen yang bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan bisnis perusahaan sehingga manajemen dapat membuat keputusan bisnis yang lebih baik seperti keputusan untuk mengurangi biaya. Activity Based Management menggunakan kegiatan berbasis biaya yang mengalokasikan biaya overhead terhadap barang dan jasa tertentu.

Manajemen berdasarkan aktivitas / pengertian Activity Based Management adalah sebuah istilah dimana manajemen menggunakan kegiatan produksi masa lalu dan biaya sebagai patokan untuk menyesuaikan kegiatan saat ini. Biasanya, tujuan manajemen berdasarkan aktivitas adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan menambah laba perusahaan.

Activity Based Management adalah prosedur menganalisis proses bisnis untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan perusahaan. ABM menganalisis biaya karyawan, peralatan, fasilitas, distribusi, overhead dan faktor-faktor lainnya dalam bisnis untuk menentukan dan mengalokasikan biaya aktivitas (cost activity).

Definisi Activity Based Management adalah proses manajemen yang menggunakan informasi yang dipasok oleh Activity Based Costing guna mengingkatkan profitabilitas organisasional.

Activity Based Management dapat diterapkan untuk berbagai jenis perusahaan, termasuk perusahaan manufaktur, operator selular, perusahaan non-profit, sekolah dan instansi pemerintah. Activity Based Management dapat memberikan informasi biaya mengenai bidang operasional dalam bisnis. Selain meningkatkan laba, hasil analisis ABM dapat membantu perusahaan dalam menghasilkan anggaran dan prakiraan keuangan yang lebih akurat .

Nah sekarang kamu sudah tentu paham akan pengertian Activity Based Management bukan ? Lihat juga perbedaan traditional costing dan activity based costing :)