Apa pengertian aset tidak lancar dalam akuntansi ? Aktiva tidak lancar terdiri dari apa saja sih ?

Pengertian Aktiva Tidak Lancar dan Contohnya

Pengertian aktiva tidak lancar menurut para ahli :

Aktiva tidak lancar adalah seluruh aktiva yang tidak diklasifikasikan sebagai aktiva lancar.

Bagaimana pelaporan dan penyajian aktiva tidak lancar dalam neraca keuangan ( balance sheet ) ? Aktiva tidak lancar disajikan dalam kelompok yang berbeda-beda, seperti investasi jangka panjang, properti, pabrik dan peralatan, aktiva tidak berwujud, dan aktiva tidak lancar lainnya.

Contoh Aktiva Tidak Lancar

Berikut ini adalah jenis-jenis aktiva tidak lancar yang wajib kamu ketahui :

  • Investasi (Investment). Investasi yang dimiliki untuk tujuan JANGKA PANJANG seperti untuk memperoleh penghasilan rutin laba, kendali atas kepemilikan perusahaan dikelompokkan dalam investasi. Sekuritas hutang atau ekuitas yang dibeli untuk tujuan investasi dan tidak untuk dijual dalam waktu satu tahun diklasifikasikan sebagai investasi jangka panjang.
  • Properti, Pabrik dan Peralatan (Property, Plant and Equipment / PPE). Properti dan sejenisnya yang bentuknya berwujud dan bersifat permanen (SELAIN TANAH) digunakan dalam operasi bisnis dimasukkan dalam kelompok PropertI, Pabrik, dan Peralatan dan disajikan pada biaya perolehan dikurangi dengan akumulasi penyusutan. Jika nilai sekarang dari property berwujud lebih kecil dari biaya perolehan yang telah dikurangi akumulasi penyusutan, maka aktiva tersebut mengalami penurunan manfaat atau nilai (impairment).
  • Aktiva Tidak Berwujud (Intangible Asset). Pengertian aktiva tidak berwujud adalah asset yang tidak memiliki substansi fisik dan biasanya mempunyai tingkat ketidakpastian terkait dengan manfaat masa depannya. Aktiva ini merupakan hak jangka panjang yang diperoleh perusahaan, digunakan dalam operasi perusahaan. Contoh aktiva tidak berwujud adalah goodwill, formula, merek dagang, hak patent, hak cipta, waralaba (franchise), dan sebagainya.
  • Aktiva Tidak Lancar Lainnya (Other Assets). Pengertian aktiva tidak lancar lainnya adalah semua aktiva yang tidak dapat dikelompokkan dalam 3 kelompok sebelumnya. Bentuk aktiva ini sangatlah bervariasi. Contoh aktiva tidak lancar lainnya adalah beban yang ditangguhkan seperti beban pajak yang ditangguhkan yang terjadi akibat perhitungan laba kena pajak melebihi laba yang dilaporkan pada periode tersebut, uang muka kepada anak perusahaan dan lain sebagainya.

Nah sekarang teman-teman pasti sudah paham mengenai pengertian aktiva lancar dan contohnya bukan?

Baca juga pengertian aktiva lancar dan contohnya supaya kamu bisa memahami perbedaan aktiva lancar dan tidak lancar :)