Artikel audit pemasaran perusahaan ini akan menjelaskan arti audit pemasaran / pengertian audit pemasaran & fungsi audit pemasaran.

Pengertian Audit Pemasaran Menurut Para Ahli

Apa yang dimaksud dengan audit pemasaran ? Apa itu audit pemasaran ? Apa saja ruang lingkup audit pemasaran ?

Definisi audit pemasaran menurut kotler :

Audit pemasaran adalah suatu proses pengujian / pengevaluasian yang bersifat komprehensif, independen, sistematis, dan periodik dari suatu entitas perusahaan / unit bisnis yang bertujuan untuk menentukan berbagai area masalah dan peluang serta merekomendasikannya dalam suatu rencana tindakan yang berguna sebagai langkah perbaikan kinerja perusahaan.

Definisi audit pemasaran menurut Shuchman :

Audit pemasaran adalah suatu proses penelaahan kinerja sistem operasi pemasaran secara keseluruhan yang bersifat teoritikal, sistematis, dan tidak memihak.

Pengertian audit pemasaran adalah alat strategis yang digunakan perusahaan untuk mengkaji tingkat efektivitas program pemasaran. Audit pemasaran adalah audit yang komprehensif, sistematis, dan merupakan evaluasi kemampuan pemasaran perusahaan secara berkala. Audit ini meneliti tujuan, kebijakan, dan strategi dari fungsi pemasaran serta metode organisasi dan personil dalam melaksanakan tujuan, kebijakan, dan strategi dari fungsi pemasaran. Audit pemasaran dilakukan secara teratur oleh perusahaan dan seringkali digunakan untuk meningkatkan kinerja pemasaran perusahaan secara keseluruhan atau untuk membangun rencana pemasaran yang baru.

Audit pemasaran adalah bagian mendasar dari proses perencanaan pemasaran. Hal ini dilakukan tidak hanya pada awal proses, tetapi juga pada serangkaian titik selama pelaksanaan rencana tersebut terjadi. Audit pemasaran dianggap mempunyai pengaruhyang baik pada perencanaan pemasaran, serta berguna untuk meninjau rencana program pemasaran itu sendiri.

Arti audit pemasaran adalah upaya pengembangan dan pengevaluasian strategi pemasaran yang berfokus pada lingkungan pemasaran eksternal, lingkungan internal marketing dan evaluasi rencana pemasaran saat ini.

Fungsi Audit Pemasaran

Fungsi audit pemasaran adalah sebagai alat untuk :

  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemasaran
  • Memberikan wawasan penting ke dalam perbaikan perencanaan pemasaran
  • Membantu membangun hubungan internal perusahaan
  • Memberikan masukan kepada ke departemen perusahaan lainnya
  • Mengevaluasi apa yang sedang dilakukan sekarang
  • Merekomendasikan apa yang harus dilakukan di masa depan

Nah itulah beberapa pengertian audit pemasaran menurut para ahli. Semoga bermanfaat bagi para pembaca materiakuntansi.com ! Baca juga pengertian kertas kerja pemeriksaan & tahapan audit manajemen :)