Apa yang dimaksud dengan bank overdraft ? Apa arti bank overdraft / definisi bank overdraft ?

Pengertian Bank Overdraft

Sebenarnya bank overdraft itu apa sih ? Bank overdraft dalam akuntansi itu sebenarnya adalah sebuah kondisi keuangan yang MINUS.

Bank overdrafts atau overdraft bank ini terjadi / muncul apabila suatu cek ditulis dalam jumlah yang melebihi rekening kas. Sebagai akibatnya rekening koran akan menjadi minus karena bank “menalangi” uang yang kita tarik. Kenapa bisa minus? Karena direkening memang sudah tidak ada lagi kas ataupun setara kas yang bisa pakai dengan segera. Dan minus ini mengindikasikan kita berhutang sama bank.

Lalu bagaimana pelaporan jurnal akuntansi bank overdraft ? Hal itu harus dilaporkan dalam kelompok kewajiban lancar dan biasanya ditambahkan ke dalam jumlah yang dilaporkan sebagai hutang usaha. Jika material, maka pos ini harus diungkapkan secara terpisah pada bagian depan neraca atau dalam catatan yang berhubungan. Bank overdraft pada umumnya tidak di off-set terhadap akun kas. Pengecualian besar yang lain adalah bila kas yang tersedia di dalam rekening lain dalam bank yang sama tempat overdraft tersebut terjadi. Maka peng-off-set-an dalam kasus ini diperlukan.

Semoga penjelasan singkat mengenai pengertian bank overdraft ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua :)