Materi ini menjelaskan tentang pengertian biaya tetap dan biaya variabel, pengertian biaya semi variabel, contoh biaya tetap dan biaya variabel (contoh biaya tetap dalam perusahaan & contoh biaya variabel dalam perusahaan).

Pengertian Biaya Tetap dan Biaya Variabel Beserta Contohnya

pengertian biaya tetap dan biaya variabel menurut para ahli :

Pengertian Biaya Tetap

Apa pengertian biaya tetap atau fixed cost & contoh biaya tetap (fixed cost) ?

Dibawah ini ada beberapa pengertian biaya tetap dan contohnya.

Biaya tetap adalah biaya yang jumlah totalnya akan sama dan tetap tidak berubah sedikitpun walaupun jumlah barang yang diproduksi dan dijual berubah-ubah dalam kapasitas normal.

Biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah dengan peningkatan atau penurunan jumlah barang ataupun jasa yang dihasilkan. Biaya tetap adalah biaya yang harus dibayar oleh perusahaan terlepas dari aktivitas bisnis. Biaya tetap adalah salah satu dari dua komponen dari biaya total barang atau jasa.

Biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah ketika adanya perubahan kuantitas output. Tidak seperti biaya variabel yang berubah dengan jumlah output, biaya tetap tidak akan nol ketika produksi nol.

Contoh biaya tetap adalah biaya sewa gedung, premi asuransi, pembayaran pinjaman dsb.

Pengertian Biaya Variabel

Apa yang dimaksud dengan biaya variabel dan berikan contohnya !

Biaya variabel adalah biaya yang berubah secara proporsional dengan kuantitas volume produksi atau penjualan. Jika kuantitas produksi naik / bertambah maka biaya variabel akan ikut bertambah sebesar perubahan kuantitas dikalikan biaya variable per satuan.

Biaya variabel adalah biaya yang berfluktuasi secara proporsional dengan kuantitas output. Biaya variabel dapat berhubungan dengan biaya bahan baku, tenaga kerja, dan margin penjualan.

Contoh biaya variabel : Misalnya, jika perusahaan membuat sebuah busi, maka tembaga yang digunakan dalam produksi adalah biaya variabel. Ini berarti jika perusahaaan berhenti memproduksi busi, maka perusahaan tidak lagi memiliki biaya tembaga.

Pengertian Biaya Semi Variabel

pengertian biaya semi variabel dan contohnya adalah sebagai berikut :

Biaya semi variabel adalah biaya yang jumlahnya berubah-ubah secara tidak proporsional dalam hubungannya dengan perubahan kuantitas barang yang diproduksi.
Contoh biaya semi variabel adalah biaya pengawas produk yang memakai insentif dengan kapasitas produksi.

Semoga penjelasan mengenai pengertian biaya tetap dan biaya variabel beserta contohnya yang singkat ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Lihat juga pengertian sumber modal intern dan ekstern :)