Apa fungsi catatan atas laporan keuangan? Apa itu catatan atas laporan keuangan menurut para ahli ? Apa saja yang diungkap dalam catatan atas laporan keuangan ?

Pengertian Catatan Atas Laporan Keuangan

Pengertian catatan atas laporan keuangan menurut PSAK :

Catatan atas laporan keuangan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari laporan keuangan dan harus diungkapkan dalam pendapat auditor kecuali secara khusus tidak dimasukkan.

Seperti yang kita ketahui bahwa laporan keuangan dasar perusahaan dagang atau laporan keuangan pemerintah tidak serta merta memberikan semua informasi yang dikehendaki para pemakai. Di sisi lain, kreditor, investor dan khalayak ramai perlu mengetahui metode akuntansi apa yang digunakan oleh perusahaan untuk menghitung saldo-saldo dalam perkiraan. Oleh karena itulah dibuat catatan atas laporan keuangan (fungsi catatan atas laporan keuangan).

Terkadang informasi tambahan (catatan laporan keuangan) yang dikehendaki bersifat deskriptif dan dilaporkan dalam bentuk narasi. Pada kasus lain, seperti di laporan keuangan pemerintahan dan SKPD data numerik tambahan juga dilaporkan. Untuk menginterpretasikan angka-angka yang tersaji dalam laporan keuangan dan membuat perbandingan yang berguna dengan perusahaan lain, seseorang harus dapat membaca catatan atas laporan keuangan dan memahami asumsi-asumsi yang digunakan.

Jenis Catatan Atas Laporan Keuangan

Apa isi dari catatan atas laporan keuangan ? Jenis-jenis catatan atas laporan keuangan yang biasanya dimasukkan oleh manajemen sebagai pendukung atas laporan keuangan dasar adalah  :

  • Informasi pendukung tambahan yang diberikan oleh FASB untuk memenuhi prinsip-prinsip pengungkapan penuh (full disclosure).
  • Ringkasan tentang kebijakan akuntansi yang signifikan.
  • Informasi mengenai hal-hal yang tidak dilaporkan pada laporan keuangan karena tidak memenuhi criteria pengakuan tapi masih dipertimbangkan sebagai hal yang signifikan bagi para pemakai didalam pengambilan keputusan.
  • Informasi tambahan untuk menjelaskan jumlah saldo yang disajikan pada laporan keuangan, biasanya neraca. Catatan ini yang paling umum digunakan.

Nah semoga kalian paham akan pengertian catatan atas laporan keuangan beserta fungsi catatan atas laporan keuangan secara umum :)

Lihat juga pengertian kewajiban jangka panjang dalam akuntansi & pengertian kewajiban lancar dalam akuntansi