Apa yg dimaksud dengan depresiasi ? Apa itu depresiasi ? Apa definisi depresiasi dalam akuntansi ?

Pengertian Depresiasi dalam Akuntansi

pengertian depresiasi menurut para ahli :

Depresiasi adalah penurunan potensi jasa (decline in service potential) yang diberikan selama periode operasi akibat konsumsi manfaat, keausan secara fisik atau keusangan secara teknologi. Bagi perusahaan jasa, depresiasi adalah penurunan jasa fisis karena konsumsi manfaat dalam periode – periode yang telah diperkirakan sebelumnya. Arti depresiasi juga mengacu kepada penurunan nilai kapital bukan hanya karena konsumsi melainkan juga karena keausan, keusangan, dan faktor ekonomik lainnya. Depresiasi ditentukan pada saat aset diperoleh untuk periode – periode masa datang yang diperkirakan akan memperoleh manfaat.

Beberapa para ahli mengatakan bahwa depresiasi adalah bagian biaya yang dibebankan secara sistematik dan rasional, namun kelemahan pendefinisian ini adalah pengukuran biaya tidaklah tepat untuk merepresentasikan kegiatan operasi yang sesungguhnya. Dengan kata lain, alokasi biaya sangatlah tidak merepresentasikan nilai ekonomis sesuatu barang ataupun jasa pada kondisi yang sebenarnya.

Nah itulah pengertian depresiasi dalam akuntansi. Semoga bermanfaat ! Lihat juga pengertian akuntansi biaya & tujuan akuntansi biaya :)