Apa yang dimaksud dengan discretionary variable cost ? Apa itu discretionary variable cost  ?

Pengertian Discretionary Variable Cost

Sebenarnya discretionary variable cost sama saja dengan discretionary fixed cost karena sama-sama jenis discretionary cost. Penamaan variable ataupun fixed cost hanyalah untuk mempermudah perusahaan mengidentifikasi macam-macam biaya yang ada.

Discretionary variable cost adalah biaya yang dapat disesuaikan dengan relatif cepat. Contoh discretionary variable cost adalah biaya iklan, biaya pemasaran, biaya pelatihan, biaya eksplorasi ide-ide baru dsb. Discretionary variable cost adalah biaya yang perubahaannya seringkali tidak sebanding dengan volume aktivitas bisnis sehingga seringkali diperlakukan sebagai biaya tetap. Jika keluaran biaya ini berubah maka masukan akan berubah pula sebanding dengan perubahan keluaran tersebut. Namun jika masukan berubah, keluaran belum tentu berubah dengan adanya perubahan masukan tersebut.

Untuk lebih memahami konsep tentang discretionary cost ini, ada baiknya kamu juga membaca perbedaan discretionary fixed cost dan commited fixed cost & perbedaan biaya variabel dan biaya semi variabel :)