Materi fraud audit kali ini akan menjelaskan pengertian fraud triangle / pengertian segitiga kecurangan / definisi fraud triangle & teori segitiga kecurangan.

Pengertian Fraud Triangle

Apa yang dimaksud dengan fraud triangle ? Apa yang dimaksud dengan segitiga kecurangan ?

segitiga kecurangan - pengertian fraud triangle

Fraud triangle adalah segitiga kecurangan yang menggambarkan adanya 3 kondisi penyebab terjadinya penyalahgunaan aset dan kecurangan dalam laporan keuangan. Komponen segitiga kecurangan adalah sebagai berikut :

  • Kesempatan. Kecurangan atau fraud bisa terjadi jika ada kesempatan yang leluasa bagi para oknum pegawai ataupun pihak manajemen untuk melakukan tindakan fraud yang merugikan secara disengaja.
  • Insentif / tekanan. Fraud juga terjadi dikarenakan para oknum pegawai ataupun manajamen memiliki suatu tekanan / intensif untuk melakukan tindakan kecurangan tersebut.
  • Sikap / rasionalisasi. Tindakan kecurangan juga disebabkan oleh sikap ataupun karakter dari seseorang. Orang yang memiliki karakter tidak jujur dan sikap yang kurang baik biasanya persentase mereka lebih besar untuk melakukan tindakan fraud.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian fraud triangle. Semoga bermanfaat ! Lihat juga jenis kecurangan dalam audit laporan keuangan & pengertian audit kecurangan :)