Materi hak beli saham ini akan menjelaskan definisi hak beli saham, tujuan hak beli saham & nilai teoritis hak beli saham.

Pengertian Hak Beli Saham

Hak beli saham adalah hak yang diberikan bagi pemegang saham lama untuk membeli sejumlah saham secara proporsional. Lalu apa tujuan hak beli saham ? Hak beli saham yang diberikan pada pegawai perusahaan dimaksudkan untuk mempertahankan kepemilikan pemegang saham yang lama.

Bagaimana cara menentukan nilai hak beli saham ?

Hak beli saham seringkali dianggap mempunyai harga pasar sehingga timbul pendapat bahwa hak beli saham dapat dikapitalisasi. Padahal harga beli saham dari hak beli saham tersebut pada umumnya lebih rendah dari harga pasar saham sekarang. Harga pasar hak beli saham ini adalah sebesar selisih harga pasar saham dengan harga yang harus dibayar para pemegang saham yang mempunyai hak beli saham.

Dapatkah hak beli saham diperlakukan sebagai dividen ? Bagaimana perhitungan hak beli saham ?

Jika deviden saham dapat dikapitalisasi maka hak beli saham juga dapat dikapitalisasi karena hak beli saham dapat dianggap sebagai deviden saham dengan nilai sebesar harga pasar hak beli saham. Jumlah nilai perhitungan hak beli saham ini akan dikapitalisasi ke modal setoran lain.

Semoga penjelasan mengenai hak beli saham ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Lihat juga pengertian modal yuridis & perbedaan pemegang saham dan investor :)