Apa yang dimaksud kas dalam akuntansi / definisi kas dalam akuntansi ? Apa pengertian kas menurut para ahli ? Apa saja klasifikasi komponen arus kas / klasifikasi kas dan setara kas menurut PSAK ?

Pengertian Kas Dalam Akuntansi

Pengertian kas dalam akuntansi keuangan / pengertian kas dan setara kas menurut para ahli :

Kas adalah harta yang paling likuid yang berguna sebagai media pertukaran baku dan dasar bagi pengukuran dan akuntansi semua pos lainnya. Kas umumnya diklasifikasikan sebagai harta lancar. Agar dapat dilaporkan sebagai kas, pos bersangkutan harus siap tersedia untuk pembayaran kewajiban lancar, dan harus bebas dari setiap ikatan kontraktual yang membatasi penggunaannya dalam pemenuhan hutang.

Komponen Golongan Kas

Apa saja yang termasuk golongan kas / apa saja yang termasuk kedalam kas ?

Contoh kas dan setara kas :

Komponen yang termasuk dalam golongan kas adalah uang logam, uang kertas dan dana yang tersedia dalam deposito di bank. Instrumen-instrumen yang dapat dinegosiasikan seperti pos wesel, cek yang disahkan, cek kasir, cek pribadi, dan wesel bank juga dipandang sebagai jenis kas dalam perusahaan. Rekening tabungan biasanya diklasifikasikan sebagai kas, meskipun bank mempunyai hak resmi untuk mendapat pemberitahuan sebelum ditarik. Karena hak istimewa untuk pemberitahuan terlebih dahulu jarang digunakan oleh bank, maka rekening tabungan dianggap sebagai kas.

Nah itulah pengertian kas dalam akuntansi beserta komponen golongan kas dan setara kas. Semoga materi tentang pengertian kas dalam akuntansi ini bisa berguna bagi teman-teman semua.  Baca juga materi akuntansi kas kecil :)