Apa itu kurs valuta asing ? Apa pengertian kurs valuta asing dan contohnya ?

Pengertian Kurs Valuta Asing dan Contohnya

Pengertian kurs valuta asing adalah penggunaan mata uang negara lain yang diukur dengan nilai tukar contohnya $1 = Rp.12.000. Perdagangan suatu Negara dengan Negara lain akan melibatkan mata uang ke dua Negara. Bila Indonesia berdagang dengan Australia akan melibatkan pertukaran antara rupiah dan dollar Australia.

Sebagai contoh, bila Indonesia mengekspor garmen ke Australia, eksportir Indonesia dapat dibayar dengan dollar Australia atau dengan rupiah.Sedangkan bila Indonesia mengimpor daging, importir Indonesia dapat pula membayar dengan rupiah atau dengan dollar Australia. Kesediaan sutu Negara menerima mata uang asing adalah bila Negara tersebut yakin mata uang asing tersebut dapat ditukar dengan mata uang dalam negeri. Hal ini perlu dilakukan karena untuk membelanjakan uang asing di Indonesia, misalnya, eksportir harus mempergunakan rupiah. Jadi dalam perdagangan dengan Negara lain, mau tidak mau akan terjadi pertukaran mata uang antar Negara.

Jumlah mata uang asing yang dapat ditukar dengan 1 unit mata uang domestic disebut sebagai nilai tukar. Sebagai contoh $1 dapat diperoleh dengan Rp. 10.000,-., jadi nilai tukar dollar Amerika adalah 10.000. Bila suatu saat terjadi $1 dapat diperoleh dengan Rp. 9000,- hal tersebut berarti terjadi penurunan harga dollar Amerika, yang biasa disebut sebagai depresiasi dollar. Sebaliknya Rp. 1 yang tadinya dapat diperoleh dengan $0,0001 menjadi Rp1 = $0,009, berarti terjadi peningkatan mata nilai mata uang rupiah yang disebut sebagai apresiasi rupiah.

Semoga artikel pengertian kurs valuta asing dan contohnya ini bisa berguna bagi para pembaca materiakuntansi.com :)