Apa itu laba ? Apa yang dimaksud dengan laba ? Apa pengertian laba menurut para ahli ?

Pengertian Laba Menurut Para Ahli

pengertian laba menurut para ahli akuntansi :

Laba adalah hasil investasi atau jumlah yang dapat diberikan kepada investor sebagai hasil investasi.

pengertian income dalam teori akuntansi :

Laba adalah adalah jumlah yang dapat diberikan kepada investor (sebagai hasil investasi) dan kondisi perusahaan di akhir periode masih sama baiknya (well-off) dengan di awal periode. Pengukuran well-off umumnya didasarkan pada dua konsep yang yaitu pemeliharaan modal keuangan (financial capital maintenance) dan pemeliharaan modal fisik (physical capital maintenance). FASB menganjurkan untuk memilih menggunakan konsep pemeliharaan modal keuangan dalam pengukuran laba dikarenakan lebih mudah dan bisa dengan lebih mudah untuk diukur.

Pengertian laba dalam akuntansi / pengertian income dalam akuntansi adalah berbeda dengan arus kas. Hal ini dikarenakan walaupun laba maupun arus kas sama-sama memberikan ukuran kinerja perusahaan, namun laba dan arus kas dari operasi bisnis jarang sekali menunjukkan angka yang sama. FASB menyatakan bahwa informasi tentang laba dan komponen yang diukur oleh akuntansi akrual biasanya memberikan indikasi yang lebih baik atas kinerja perusahaan daripada informasi tentang penerimaan dan pengeluaran kas saat ini walaupun dalam hal-hal tertentu informasi tentang arus kas juga penting. Oleh karena itu laba dan arus kas adalah dua sisi yang tidak dapat dipisahkan dalam memahami laporan keuangan.

Nah semoga kalian bisa memahami makna & pengertian laba dalam akuntansi ya teman. Lihat juga laporan rugi laba (income statement) & unsur-unsur laporan rugi laba :)