Apa yang dimaksud dengan liabilities ? Apa itu liabilitas dan ekuitas (Equity) ? Apa pengertian kewajiban dan ekuitas dalam akuntansi  ?

Pengertian Liabilitas dan Ekuitas

Pengertian Liabilitas / Liability

Kewajiban (Liabilities) adalah kemungkinan manfaat ekonomi di masa yang akan datang yang timbul dari kewajiban sekarang dari suatu entitas untuk mengalihkan aktiva atau menyediakan jasa kepada entitas lain pada masa yang akan datang sebagai hasil dari transaksi atau kejadian di masa lalu. Istilah ini mencakup komitmen legal, moral sosial, dan kewajiban yang tersirat, dengan kata lain sekali lagi “substansi mengungguli bentuk”.

Intinya liabilitas ini adalah sebuah ketetapan hutang untuk menyerahkan aktiva atau memberikan jasa pada waktu yang akan datang bisa bulan depan, tahun depan atau 10 tahun kemudian. Dan sebagian besar hutang tersebut merupakan kewajiban untuk meyerahkan aktiva di masa depan atas transaksi yang terjadi di masa lalu. Liabilitas terbagi menjadi 2 jenis yakni kewajiban lancar / kewajiban jangka pendek  dan kewajiban tidak lancar / kewajiban jangka panjang.

Pengertian Ekuitas

Ekuitas adalah sisa kepemilikan atas aktiva dari suatu entitas setelah dikurangi kewajiban-kewajibannya. Dalam sebuah perusahaan, modal mencerminkan bagian kepemilikan.

Metode untuk melaporkan ekuitas pemilik bervariasi sesuai bentuk usaha perusahaan. Untuk bentuk prusahaan perorangan, ekuitas pemilik disajikan pada sebuah perkiraan modal tunggal. Saldo perkiraan ini adalah hasil akumulasi dari investasi pemilik, penarikan oleh pemilik, dan laba atau rugi masa lalu. Sedangkan untuk persekutuan, perkiraan modal ini dibentuk untuk masing-masing sekutu (partner). Saldo perkiraan ini mengikhtisarkan jumlah investasi, penarikan dan bagian laba atau rugi masa lalu untuk masing-masing sekutu.

Untuk sebuah perusahaan perseroan (PT), selisih antara aktiva dan kewajiban disebut ekuitas pemegang saham (stockholder’s equity) atau ekuitas pemilik. Dalam menyajikan ekuitas pemilik pada neraca, terdapat perbedaan antara ekuitas yang berasal dari modal disetor (paid in capital) atau modal kontribusi dan ekuitas yang berasal dari laba disebut laba ditahan (retained earning).

Semoga kamu bisa memahami pengertian liabilitas dan ekuitas ini ya teman ! :)