Apa yang dimaksud dengan neraca dalam akuntansi ? Apa arti neraca dalam akuntansi / definisi neraca dalam akuntansi ?

Pengertian Neraca Dalam Akuntansi

Neraca adalah laporan keuangan yang menunjukkan status keuangan entitas bisnis pada waktu tertentu. Neraca juga disebut sebagai laporan posisi keuangan yang melaporkan aktiva, kewajiban, dan ekuitas pemegang saham perusahaan bisnis pada suatu TANGGAL tertentu.

Bagian neraca pada sisi kiri memuat aktiva yang mencerminkan sumber daya yang dimiliki perusahaan. Sedangkan sisi kanan neraca memuat kewajiban dan ekuitas pemilik yang mencerminkan klaim terhadap sumber daya yang dimiliki perusahaan. Seoarang akuntan yang menyusun sebuah neraca yang tidak seimbang akan mengetahui bahwa suatu kesalahan klerikal telah terjadi karena keseimbangan dari persamaan neraca atau sisi kiri dan kanan tidak dapat diubah oleh transaksi apapun. Dengan melihat apa yang termuat dalam sisi kiri dan kanan neraca maka neraca dapat juga digunakan untuk membantu meramalkan jumlah, waktu, dan ketidakpastian arus kas dimasa yang akan datang.

Nah sekarang kamu sudah mengerti tentang pengertian neraca dalam akuntansi bukan ? Baca juga manfaat dan keterbatasan neraca & pengertian pendapatan (revenue) dalam akuntansi :)