Apa pengertian dari neraca pembayaran ? Apa pengertian neraca pembayaran suatu negara (balance of payment) ?

Pengertian Neraca Pembayaran (Balance of Payment)

Pengertian neraca pembayaran menurut para ahli :

Neraca pembayaran adalah pencatatan yang dilakukan oleh pemerintah tentang transaksi suatu Negara dengan Negara lain atau pencatatan perdagangan internasional. Dimana setiap transaksi diklasifikasikan sebagai ekspor atau impor tergantung pada apakah Negara tersebut menerima atau melakukan pembayaran.

Pengertian neraca pembayaran ekonomi ini mencakup seluruh transaksi. Transaksi yang menyebabkan penerimaan uang asing, seperti ekspor komoditi, dicatat sebagai kredit. Hal ini berarti Negara kita menerima mata uang asing, yang berarti supply mata uang asing bertambah, dan akan berdampak pada meningkatnya permintaan rupiah, sebab untuk dapat dipergunakan di Indonesia uang asing tersebut harus ditukar dengan rupiah.

Sebaliknya transaksi yang menyebabkan pembayaran, seperti aktivitas impor, dicatat sebagai debit. Transaksi ini akan menyebabkan permintaann mata uang asing meningkat, karena barang impor harus dibayar dengan uang asing dan supply rupiah meningkat.

Semoga kamu paham tentang pengertian neraca pembayaran (balance of payment) / pengertian neraca pembayaran internasional ini :)