Apa yang dimaksud dengan revenue ? Apa definisi revenue / arti revenue dalam akuntansi ? Pengertian pendapatan dalam ilmu akuntansi / pengertian revenue dalam teori akuntansi itu seperti apa sih ?

 Pengertian Pendapatan (Revenue) dalam Akuntansi

pengertian revenue dalam akuntansi / pengertian pendapatan dalam akuntansi :

Definisi pendapatan atau revenue adalah nilai yang menunjukkan penjualan total  kepada pelanggan dalam suatu periode dikurangi retur dan potongan penjualan atau diskon penjualan. Nilai total ini tidak boleh mencakup pajak penjualan yang harus dipungut pemerintah. Tagihan tambahan pajak ini diakui sebagai kewajiban jangka pendek. Retur dan potongan harus dikurangkan dari penjualan bruto untuk mendapatkan nilai penjualan bersih. Apabila harga jual meningkat karena menutupi beban angkut kepada pelanggan dan pelanggan dibebani karenanya, maka beban angkut yang dibayar perusahaan ini harus dikurangkan dari nilai penjualan dalam mendapatkan nilai penjualan bersih. Apabila beban angkut tidak dibebankan kepada pembeli, beban ini diakui sebagai beban penjualan.

Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam memahami pengertian pendapatan (revenue). Lihat juga pengertian laba komprehensif & pengertian laba dalam akuntansi :)