Apakah yang dimaksud dengan penyesuaian retroaktif dan contoh penyesuaian retroaktif ?

Pengertian Penyesuaian Retroaktif

arti penyesuaian retroaktif :

Penyesuaian retroaktif adalah penyajian kembali data keuangan yang sebelumnya sudah pernah dilaporkan dalam laporan keuangan yang bertujuan untuk memastikan bahwa data keuangan tersebut dapat diperbandingkan (comparable). Contoh penyesuaian retroaktif adalah perubahan pelaporan entitas, perubahan retroaktif untuk metode ekuitas, penggunaan standar akuntansi baru yang memerlukan penyesuaian retroaktif dan koreksi-koreksi kesalahan.

Penyesuaian retroaktif diperlukan jika terjadi perubahan akuntansi. Hal ini untuk mempertahankan prinsip konsistensi yang mana prinsip akuntansi haruslah sama antara periode sekarang dan beberapa periode sebelumnya. Oleh karenanya laporan keuangan periode yang lalu harus disusun dan disajikan kembali untuk mrefleksikan prinsip akuntansi yang baru sehingga tidak menyesatkan para pengguna laporan keuangan dalam pengambilan keputusan.

Semoga teman-teman semua paham akan pengertian penyesuaian retroaktif ini ya ! Lihat juga perbedaan waran dan opsi call & pengertian waran dalam pasar modal :)