Artikel product life cycle ini akan menjelaskan pengertian product life cycle dan pengertian life cycle costing.

Pengertian Product Life Cycle Costing

Apa yang dimaksud dengan life cycle costing ? Apa itu life cycle costing ?

Product life cycle seringkali disebut dengan istilah daur hidup produk. Product life cycle adalah waktu suatu produk mampu memenuhi kebutuhan konsumen sejak diciptakan sampai dengan diputuskan atau dihentikan pemasarannya.

Biaya daur hidup produk (cost product life cycle) adalah biaya yang bersangkutan dengan produk selama daur hidupnya yang meliputi biaya pengembangan (seperti perencanaan, pengujian dan desain), biaya produksi (yaitu beragam aktivitas yang bertujuan mengubah bahan baku menjadi produk jadi), dan biaya dukungan logistik (yaitu biaya iklan, distribusi, pemasaran dan sebagainya).

Product life cycle costing adalah sistem akuntansi biaya yang menyediakan informasi biaya produk bagi manajemen untuk memungkinkan manajemen memantau biaya produksi selama daur hidupnya.

Tujuan dari product life cycle costing adalah untuk menghitung biaya sebenarnya dari beberapa komponen bahan baku produk. Dengan ini perusahaan dapat mengambil keputusan untuk membuang produk atau mendaur ulang produk. Hal ini juga memungkinkan manajemen perusahaan untuk membuat perbandingan antara produk-produk yang sejenis untuk menentukan produk mana yang lebih efisien. Karena pada hakikatnya, produk yang paling efisien tidak selalu jelas pada awal mula sebuah usaha.

Nah semoga kamu bisa memahami definisi product life cycle costing. Ada baiknya kamu membaca juga pengertian target costing dalam akuntansi manajemen :) Semoga bermanfaat !