Apa yang dimaksud rekening koran? Apa kegunaan rekening koran? Apa arti dari rekening koran ? Apa itu giro / pengertian simpanan giro ? Mengapa rekening giro disebut rekening koran ?

Pengertian Rekening Koran/Giro

Rekening giro adalah nama lain dari rekening koran atau rekening koran umum. Bahasa inggris rekening giro/ koran adalah General Checking Account.

Definisi Giro / Rekening koran :

Rekening koran adalah rekening bank yang UTAMA dalam sebagian besar perusahaan dan biasanya merupakan satu-satunya rekening bank yang dimiliki perusahaan kecil. Fungsi rekening giro dalam akuntansi adalah sebagai tempat aliran kas perusahaan. Semua kas disetorkan ke dalam dan dikeluarkan dari rekening ini  karena semua transaksi diputar melalui rekening tersebut. Deposito dari dan pengeluaran ke semua rekening bank lainnya juga dilakukan melalui rekening koran umum.

Jadi intinya rekening koran ini adalah rekening utama yang digunakan untuk transaksi. Mengapa rekening giro disebut rekening koran? Sudah jelas.. dikarenakan rekening giro adalah rekening utama yang banyak transaksi. Maka kalo diprint histori transaksinya selama satu bulan terakhir akan menghasilkan puluhan hingga ribuan lembar kertas yang berisi detail transaksinya.

Nah sekarang teman-teman pasti sudah jelas mengenai pengertian rekening koran/giro ini bukan? :)

Lihat juga pengertian bank imprest & pengertian kas dalam akuntansi keuangan