Arti relevan dalam akuntansi itu apa sih? Apa pengertian relevance dalam akuntasi / pengertian relevan dalam akuntansi keuangan dan teori akuntansi ?

Pengertian Relevance Dalam Akuntansi

FASB mendefinisikan kata relevan sebagai “membuat suatu perbedaan”. Dengan kata lain sebuah informasi akuntansi haruslah mampu membuat perbedaan dalam sebuah keputusan.

Informasi bisa dikatakan relevan jika dapat membantu pemakainya membuat prediksi tentang hasil akhir dari kejadian masa lalu, masa kini dan masa depan (predictive value).  Informasi yang relevan juga harus dapat membantu pemakai menjustifikasi atau mengoreksi ekspektasi atau harapan masa lalu (feed-back value), serta tersedia kepada pengambil keputusan sebelum informasi tersebut kehilangan kapasitas untuk mempengaruhi keputusan yang diambil (timeliness/tepat waktu).

Tepat waktu adalah aspek yang penting agar informasi tersebut dapat membuat perbedaan. Hal ini dikarenakan jika informasi didapat setelah keputusan diambil maka tidaklah akan banyak berguna informasi akuntansi tersebut.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai definisi relevan dalam akuntansi. Semoga bermanfaat bagi pembaca materiakuntasi.com

Lihat juga pengertian understandability dalam akuntasi :)