Apa pengertian reliability / pengertian reliable dalam akuntansi ?

Pengertian Reliability Dalam Akuntansi

Secara harfiah reliability artinya handal dan dapat dipercaya. Suatu informasi bisa dianggap dapat diandalkan apabila secara relative bebas dari kesalahan dan menyajikan hal yang seharusnya.

Pengertian reliable dalam laporan keuangan berarti bahwa laporan keuangan haruslah bisa dipercaya dan dapat diandalkan bagi para penggunanya. Keandalan tidak berarti ketepatan yang absolut.

Informasi akuntansi yang reliable harus mempunya 3 kriteria berikut ini :

  • Neutrality / netral. Pengertian netralitas dalam akuntansi adalah TIDAK MEMIHAK yaitu bahwa informasi tersebut tidak dapat dipilih untuk kepentingan sekelompok pemakai tertentu. Informasi yang disajikan harus faktual, benar dan tidak bias.
  • Representational faithfulness / penyajian jujur berarti bahwa ada kesesuaian antara pengukuran dengan unsur akuntansi yang diukur.
  • Verifiability / dapat diverifikasi, Pengertian verifiability dalam akuntansi yaitu bahwa dasar pengukuran laporan keuangan juga dapat diverifikasi oleh akuntan lain dengan menggunakan metode pengukuran yang sama.

Semoga kamu paham akan pengertian reliability dalam akuntansi ini ya sobat ! Lihat juga pengertian relevance dalam akuntansi supaya kamu bisa membedakan akan pengertian relevansi dan reliabilitas :)