Materi ini menjelaskan pengertian sumber modal internal, pengertian sumber modal eksternal & perbedaan modal internal dan eksternal.

Pengertian Sumber Modal Intern dan Ekstern

Pengertian sumber modal adalah segala sesuatu yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk menjalankan bisnis selama jangka waktu tertentu dengan tujuan untuk memperoleh pendapatan. Sumber daya modal pada umumnya dapat berupa aset, alat, peralatan, fasilitas perumahan dan lain sebagainya

Sumber modal intern dan ekstern adalah sama-sama merupakan sumber modal usaha / sumber modal perusahaan yang akan digunakan untuk menjalankan bisnis dan roda kehidupan perusahaan. Sumber modal internal dan eksternal perusahaan haruslah seimbang. Proporsi sumber modal internal dan eksternal perusahaan yang tidak seimbang akan membuat kondisi perusahaan menjadi labil.

Sumber Modal Internal

Pengertian sumber modal internal adalah modal yang berasal dari dalam perusahaan. Contoh sumber modal intern adalah :

  • Depresiasi. Depresiasi berguna sebagai dana sementara untuk memenuhi kebutuhan perusahaan, untuk membeli aktiva baru serta untuk mengganti aktiva lama yang telah rusak.
  • Laba Ditahan / Retained Earning. Besarnya laba ditahan dipengaruhi oleh kebijakan dividen, laba setelah pajak dan plowing back policy

Sumber Modal Eksternal

Pengertian sumber modal ekstern adalah modal yang berasal dari pihak ke tiga diluar perusahaan seperti bank, pasar modal dan supplier. Contoh sumber modal eksternal adalah pemberian kredit oleh bank yang akan dilunasi perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Semoga kamu bisa memahami pengertian sumber modal intern dan ekstern ya ! Lihat juga perbedaan modal kerja dan modal tetap & perbedaan modal aktif dan modal pasif :)