Materi ini menjelaskan pengertian sunk cost dan contohnya / definisi sunk cost dan contohnya / pengertian dan contoh sunk cost.

Pengertian Sunk Cost dan Contohnya

Pengertian Sunk Cost

Apa yang dimaksud dengan sunk cost ? Apa pengertian sunk cost ?

pengertian sunk cost menurut para ahli :

  • Sunk cost adalah biaya yang sudah  dikeluarkan / dibenamkan dan tidak dapat diganti dengan cara apapun baik itu dari keputusan sekarang ataupun dimasa yang akan datang.
  • Sunk cost adalah biaya yang telah dikeluarkan dalam sebuah proyek atau investasi dan biaya tersebut tidak dapat dikembalikan jika proyek tersebut dihentikan atau diubah.
  • Sunk cost adalah biaya yang telah dikeluarkan dan tidak akan memerlukan pengeluaran kas sekarang atau kas masa depan. Karena sunk cost tidak dapat diubah atau dihindari di masa depan, mereka sunk cost termasuk katerogi biaya tidak relevan untuk tujuan pengambilan keputusan.
  • Arti Sunk cost adalah uang yang sudah dihabiskan dan hilang secara permanen. Sunk cost juga disebut dengan prior year cost, stranded cost, embedded cost atau sunk capital.

Contoh Sunk Cost

  • Contoh biaya sunk cost adalah biaya pabrikasi persediaan yang ada di gudang dan biaya perolehan mesin produksi yang dibeli di masa lalu.
  • Contoh sunk cost yang terjadi dalam pengeboran cadangan minyak baru. Jika tidak ada cadangan minyak yang ditemukan, jumlah uang yang telah dihabiskan untuk menempatkan orang-orang dan peralatan alat berat tidak dapat dikembalikan, sehingga biaya tersebut akan hangus begitu saja.
  • Biaya training. Sebuah perusahaan menghabiskan 600 juta rupiah untuk melatih staf penjualan dalam penggunaan komputer jenis baru, yang akan mereka gunakan untuk melakukan order / pesanan konsumen. Namun komputer tersebut terbukti tidak dapat diandalkan karena sering error, dan manajer bagian penjualan ingin menghentikan penggunaannya. Maka biaya pelatihan ini termasuk biaya sunk cost.

Nah semoga kamu paham mengenai pengertian sunk cost dan contoh sunk cost ya teman ! Lihat juga joint cost dan common cost :)